Jakarta, MobilKomersial.com - Beberapa wilayah di Indonesia kini tengah memasuki musim hujan. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk bepergian jarak jauh dengan mobil pribadi, jangan lupa untuk mengecek kesiapan mobil anda. 

Sejumlah komponen mobil perlu di cek kondisinya, agar kinerja tetap maksimal, apalagi saat bepergian dan dalam perjalanan terjadi hujan deras.

Salah satu dari komponen mobil yang sangat penting saat musim hujan adalah wiper, yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil terutama bagian depan saat hujan turun agar pandangan visual pengemudi tidak terganggu. 

Bila peranti ini mengalami masalah, tentunya akan memicu risiko keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, terutama pandangan pengemudi akan terganggu karena hujan yang mengenai kaca depan.

 

Baca juga : Masuk Musim Hujan, Cek Dulu Komponen Mobil Sebelum Berkendara

Ada beberapa masalah yang sering terjadi pada wiper. Mulai dari karet yang sudah aus, gerakannya lambat, hingga wiper yang tidak bergerak sama sekali merupakan beberapa contohnya.

Nah, jika hal itu terjadi apa yang harus dilakukan? Bagaimana mengatasinya?

Pertama, perhatikan gerakan wiper, jika wiper bergerak agak lambat, bisa jadi di bagian sistem penggeraknya kotor. Cara untuk mengatasinya, bersihkan tahanan koil. 

Selain itu, karat juga menjadi alasan wiper bergerak lambat. Cara untuk mengatasinya, bersihkan engkol dari karat dan semprot bagian itu dengan cairan anti karat. 

++++

Namun jika memang sudah tidak bergerak lagi, masalah bisa terjadi di motor listrik yang sudah aus.

Kerusakkan dinamo juga menjadi salah satu masalah pada wiper, biasanya disebabkan kumparan yang terbakar karena hubungan arus pendek listrik pada mobil. Kalau sudah begini Wiper Mobil dinyatakan rusak total dan harus diganti.

Berikutnya adalah cek bagian karet wiper, bila karet terlihat telah aus atau bahkan sudah sedikit mengeras, sebaiknya segera diganti dengan karet yang baru. 

Sebab, karet wiper yang mengeras, selain menyebabkan sapuannya terhadap air di permukaan kaca tak merata, juga berpotensi menyebabkan kaca mobil Anda baret.

 

 Simak juga : Enam Langkah Mengecek dan Merawat Ban Mobil Sebelum Berkendara

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari wiper, salah satu produk ternama di Indonesia yaitu Wealthy, telah menyediakan beragam wiper untuk beberapa jenis mobil.

Wealthy menawarkan produk dengan nama Wealthy Wiper Blade 4G. Wiper ini adalah generasi ke-empat dari Wealthy. 

Keunggulannya, resistansi pada suhu tinggi, tahan UV dan tahan cuaca dingin. Wiper Blade 4G menggunakan teknologi terbaru yaitu "TEFLON" yang diterapkan pada semua produk Wealthy Wiper.

 

(Denny)

Share :

Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Read More
Mau Melepas Stiker di Kendaraan? Begini Caranya Agar Tidak Berbekas

Beberapa stiker ada yang meninggalkan residu dari perekatnya saat dilepas yang tentu akan membuat tampilan kendaraan menjadi jelek dan kotor, bahkan bisa membuat cat rusak.

Read More
Masuk Musim Penghujan, Begini Cara Mudah Merawat Rem Cakram Kendaraan

Untuk membersihkan dan menghilangkan bunyi berdecit tersebut bisa dilakukan dengan cara membeli brake cleaner atau cairan pembersih rem yang tersedia di toko part kendaraan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler