Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XI Provinsi Jawa Timur bersama Isuzu dan asosiasi pengusaha truk mengadakan Sosialisasi dan Pelaksanaan Normalisasi Kendaraan Bermotor di PT Lookman Djaja, Sememi Jawa Timur, Kamis, 22 Oktober 2020.

Dalam acara tersebut, mereka mendeklarasikan penegakan Zero Over Dimensi Over Load (ODOL) di area Jawa Timur.

Selain itu, kegiatan ini dilakukan guna mendukung Peraturan Pemerintah berdasarkan Surat Edaran Menteri Perhubungan Nomor 21 Tahun 2019 tentang Pengawasan Terhadap Mobil Barang Atas Pelanggaran Muatan Lebih (Over Loading) dan/atau Pelanggaran Ukuran Lebih (Over Dimension) dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor KP 4294/AJ 501/DRJD/2019 tentang pedoman Normalisasi Kendaraan Bermotor, Kereta Gandengan, Kereta Tempelan.

Kepala Cabang Isuzu Dwijaya, Bagus Lukita Adhi menjelaskan sebagai produsen kendaraan komersial dan perusahaan yang taat aturan, pihaknya turut mendukung program pemerintah ini.

"Aturan ini ditegakkan untuk keselamatan semua pihak, baik pengendara truk, pengendara lain maupun masyarakat sekitar," tuturnya.

Baca juga : Sasar Sektor Kesehatan, Astra Isuzu Sulap mu-X Jadi Ambulans

Di sisi lain, GM Marketing PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Attias Asril menambahkan bahwa, Peraturan ODOL ini diukur bukan hanya dari segi keselamatan saja, tetapi juga bertujuan agar kendaraan komersial menjadi lebih sehat.

Selain itu juga kendaraan perawatannya lebih mudah, tidak mudah rusak, dan nilai kendaraan lebih terapresiasi dengan fungsi sebagaimana mestinya," ucapnya.

Attias pun berharap dengan adanya peraturan ZERO ODOL ini kedepannya dapat diimplementasikan di seluruh wilayah Indonesia. 

"Dengan adanya sosialisasi di Jawa Timur ini menjadi awal mula yang baik yang dapat dijadikan contoh untuk wilayah lain di Indonesia kedepannya," jelasnya.

Share :

General Motors Batal Akuisisi Perusahaan Truk Listrik Nikola

Di bawah ketentuan nota kesepahaman, Nikola dan GM akan bekerja sama untuk mengintegrasikan teknologi sel bahan bakar Hydrotec GM ke dalam semi-truk.

Read More
Perhitungan Konsumsi BBM Truk dari Jakarta ke Surabaya

Total bahan bakar tersebut dihitung jika average konsumsi bahan bakar 1 liter mampu mencapai jarak 12,8 kilometer.

Read More
Perjalanan 50 Tahun KTB Fuso di Indonesia, Mulai dari Truk Kepala Kuning hingga eCanter

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), sebagai distributor resmi truk Fuso di Indonesia, sukses mencatat namanya di sejarah Indonesia, sebagai penjual truk terbanyak hingga usianya memasuki 50 tahun kini

Read More
honda

Terkini

Terpopuler