Tangerang, MobilKomersial.com – Sejak adanya pandemi Covid 19, pergerakan moda transportasi di Indonesia mengalami penurunan karena dibatasi adanya kebijakan pemerintah.

Pemerintah sejak Covid-19 menyebar di Tanah Air pada Maret 2020 lalu, mengeluarkan sejumlah kebijakan seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Sejak PSBB yang diberlakukan pemerintah, moda transportasi khususnya transportasi umum angkatan darat turut terkena dampak yang cukup signifikan.

Namun, memasuki PSBB transisi menuju adaptasi kebiasaan baru (New Normal), transportasi umum seperti bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sudah mulai ada angin segar dengan kembali beroperasinya mengangkut penumpang.

Baca juga : Gandeng Brum.id, ExxonMobil Lubricants Sediakan Servis Kendaraan dari Rumah

Kendati armada sudah bisa beroperasi, sejumlah Pengusaha Otobus (PO) pun harus melakukan penyesuaian, karena adanya peraturan pemerintah serta protokol kesehatan yang wajib dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19.

Untuk mendukung bus AKAP yang mulai mengangkut penumpang, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) melalui merek Mobil Lubricants memberikan safety kit kepada Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI). 

Safety kit yang diberikan Mobil Lubricants meliputi mesin desinfektan, cover seat bertuliskan "physical distancing" dan juga hand sanitizer.

Selain itu, perusahaan pelumas ini juga memberika masker yang dapat digunakan oleh pengemudi maupun kondektur angkutan umum bus, sehingga protokol kesehatan dapat diterapkan selama perjalanan.

Simak juga : IPOMI Kecewa Travel Gelap Malah Menjamur Dibalik Larangan Mudik

Eben Tambunan, Mobil Brand General Manager mengatakan, pemberian safety kit ini merupakan salah satu upaya pihaknya dalam mendukung program pemerintah, guna konsisten dalam menerapkan protokol kesehatan selama pandemi. 

"Tentunya, fokus kami selain keselamatan dan kenyamanan adalah tetap menjalin hubungan baik dengan para stakeholder kami, guna bersama-sama tetap berjuang menghadapi pandemi dengan penyesuaian adaptasi kebiasaan baru," tuturnya, Selasa (20/10/2020).

Di waktu yang sama, Ketua IPOMI, Kurnia Lesani Adnan, mengatakan, pemberian yang dilakukan Mobil Lubricants kepada para PO sangat membantu dalam membangun kesadaran operator terhadap pentingnya protokol kesehatan selama masa pandemi. 

"Ini merupakan satu bentuk nyata kepedulian terhadap standard kesehatan dalam moda transportasi darat khususnya angkutan umum sebagai pelayan masyarakat," ucap pria yang akrab disapa Sani itu.

Share :

Bus Mungil Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di Sakai Jepang

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota.

Read More
Asyik, Halte Transjakarta Kini Disediakan Wifi Berkecepatan Tinggi

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Transjakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan saat transit di 13 koridor utama Transjakarta.

Read More
Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Sebagai salah satu pendukung dalam aktivitas masyarakat, Karoseri Laksana meluncurkan prototipe bus bio smart dengan menggunakan bus PO Sumber Alam

Read More