Jakarta, MobilKomersial.com - Bus Social Distancing kini bisa dibilang menjadi tren baru di dunia transportasi bus. Tentunya, kebutuhan akan unit bus social distancing tersebut sesuai dengan masa pandemi covid-19 yang masih melanda.

Jika selama ini beberapa PO asal Jawa yang memiliki bus social distancing, ternyata ada pula PO bus asal ujung Sumatera, yakni Banda Aceh, yang telah memiliki dan mengoperasikan unit bus social distancing tersebut.

PO Jasa Rahayu Gumpueng (JRG) asal Banda Aceh inilah yang diam-diam telah mengoperasikan bus social distancing. Bus tersebut melayani rute Banda Aceh-Medan, pergi pulang.

Diketahui bus ini memiliki kapasitas 23 penumpang, dengan seat belt di tiap jok. Sama seperti bus social distancing lainnya, konfigurasinya 1-1-1 dengan dua lorong.

Istimewanya, selain berstatus sebagai bus social distancing pertama yang ada di Sumatra, bus social distancing milik PO JRG ini sudah bersasis tronton. 

Baca juga : Ikuti Kebutuhan, PO Putera Mulya Turut Hadirkan Bus Social Distancing

Sasis yang digunakannya adalah Scania K410IB yang kerap jadi bus tingkat, atau tipe Ultra High Deck. Tapi bus ini justru memakai bodi Jetbus 3+ SHD.

Digunakannya sasis premium ini sendiri tergantung pada selera operator bus. Karena memang tidak dapat dipungkiri, urusan selera dan kesukaan memang menjadi pembeda dan ciri khas tersendiri. Hal ini pula yang membuatnya istimewa, dan menjadi bus social distancing bersasis tronton pertama.

Bus social distancing ini sendiri telah dilengkapi sekat pemisah antara kabin supir dan penumpang. Kedua peranti tersebut baru ditemui di bus social distancing ini. Sedangkan di bus-bus social distancing di Jawa tidak memiliki peranti tersebut.

Fitur lainnya ada seat tebal dengan leg rest dan meja lipat dari Rimba Kencana. Lalu port USB tiap bangku dan toilet di bagian tengah. Ada pula cool box di bagasi atas bagian depan.

 

(Denny)

Share :

Akomodir Kebutuhan Pesepeda, BPTJ Sediakan Bagasi SeLi di Bus JR Connexion

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyediakan layanan bagasi sepeda lipat di Bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion)

Read More
Damri Sediakan Armada Gratis Menuju Wisata di Banyuwangi, Lihat Rute dan Jadwalnya

Damri menyiapkan 8 armada yang terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang.

Read More
Damri Siap Dukung Pengembangan Kawasan Pariwisata Geopark Maros Pangkep

Damri telah resmi menandatangani nota kesepahaman dengan Pemprov Sulawesi Selatan, sebagai bentuk dukungan Damri terhadap Pengembangan Kawasan Pariwisata Geopark Maros Pangkep

Read More
honda

Terkini

Terpopuler