Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tahun depan berencana mengoperasikan Bus Rapit Trans (BRT) yang mirip skema kerjanya mirip Transjakarta.

Kepastian tersebut didapat setelah adanya nota kesepahaman antara Pemkab Banyumas dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI di Pendopo Sipanji Purwokerto, pada Rabu (14/10/2020).

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, Banyumas merupakan satu diantara lima kabupaten yang mendapatkan bantuan tersebut, dimana empat diantaranya yakni Surabaya, Bandung, Makassar dan Palembang.

"Bantuan itu pada tahun 2021. Kalau tahap awal sekarang, operatornya dari pihak swasta, kami menyiapkan anggarannya kemudian pihak swasta yang mengelola," ucap Budi seperti dikutip serayunews.com.

Baca juga : Jalani Uji Coba 3 Bulan, Bus Listrik Transjakarta Siap Beroperasi Penuh

Adapun saat ini, Kemenhub sudah menerapkan skema angkutan umum dengan konsep Buy The Service (BTS) di beberapa kota diantaranya Bali, Yogyakarta, Solo, Medan dan Palembang. 

Dan untuk Kabupaten Banyumas yang juga menerima bantuan tersebut, Budi meminta agar bantuan tidak hanya digunakan di Banyumas saja.

"Tadi katanya akan digunakan di enam koridor di Kabupaten Banyumas, saya minta tidak hanya di Banyumas saja, tetapi bisa sampai ke Cilacap, Purbalingga," tuturnya.

Nantinya, enam koridor yang disiapkan yakni Patikraja – Baturraden, Purwokerto – Ajibarang, Purwokerto – Banyumas, Terminal Banyumas – Terminal Kebondalem, Terminal Karanglewa – Terminal Kebondalem, Terminal Tipe A Bulupitu- Terminal Kebondalem.

Share :

Bus Mungil Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di Sakai Jepang

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota.

Read More
Asyik, Halte Transjakarta Kini Disediakan Wifi Berkecepatan Tinggi

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Transjakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan saat transit di 13 koridor utama Transjakarta.

Read More
Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Sebagai salah satu pendukung dalam aktivitas masyarakat, Karoseri Laksana meluncurkan prototipe bus bio smart dengan menggunakan bus PO Sumber Alam

Read More