Jakarta, MobilKomersial.com - Pemerintah Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, tahun depan berencana mengoperasikan Bus Rapit Trans (BRT) yang mirip skema kerjanya mirip Transjakarta.

Kepastian tersebut didapat setelah adanya nota kesepahaman antara Pemkab Banyumas dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI di Pendopo Sipanji Purwokerto, pada Rabu (14/10/2020).

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Budi Setiyadi, Banyumas merupakan satu diantara lima kabupaten yang mendapatkan bantuan tersebut, dimana empat diantaranya yakni Surabaya, Bandung, Makassar dan Palembang.

"Bantuan itu pada tahun 2021. Kalau tahap awal sekarang, operatornya dari pihak swasta, kami menyiapkan anggarannya kemudian pihak swasta yang mengelola," ucap Budi seperti dikutip serayunews.com.

Baca juga : Jalani Uji Coba 3 Bulan, Bus Listrik Transjakarta Siap Beroperasi Penuh

Adapun saat ini, Kemenhub sudah menerapkan skema angkutan umum dengan konsep Buy The Service (BTS) di beberapa kota diantaranya Bali, Yogyakarta, Solo, Medan dan Palembang. 

Dan untuk Kabupaten Banyumas yang juga menerima bantuan tersebut, Budi meminta agar bantuan tidak hanya digunakan di Banyumas saja.

"Tadi katanya akan digunakan di enam koridor di Kabupaten Banyumas, saya minta tidak hanya di Banyumas saja, tetapi bisa sampai ke Cilacap, Purbalingga," tuturnya.

Nantinya, enam koridor yang disiapkan yakni Patikraja – Baturraden, Purwokerto – Ajibarang, Purwokerto – Banyumas, Terminal Banyumas – Terminal Kebondalem, Terminal Karanglewa – Terminal Kebondalem, Terminal Tipe A Bulupitu- Terminal Kebondalem.

Share :

Ini Rute dan Tarif Damri untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Yogyakarta

Damri bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan melayani trayek antarmoda Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Yogyakarta.

Read More
Ikuti Jejak Laksana dan Adiputro, Karoseri Tentrem Bakal Hadirkan Sleeper Bus?

Saat ini, tren model bus premium mulai digandrungi di Indonesia karena punya tampilan mewah dan kenyamanan tingkat tinggi.

Read More
Bus Sehat Damri Layani Penumpang yang Bawa Sepeda, Ini Rute dan Tarifnya

Bagi pelanggan yang hendak menuju kantor menggunakan sepeda maupun berolahraga, Damri menyiapkan sejumlah Area di Bandung dan Jabodetabek.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler