Jakarta, MobilKomersial.com - Tak terasa, memasuki usia 50 tahun, Suzuki telah mewarnai industri otomotif Indonesia, dengan berbagai varian produk roda dua dan empatnya. Untuk urusan kendaraan roda empat, bahkan Suzuki memulai bisnisnya di Indonesia dengan menawarkan kendaraan niaga.

Hadir pada tahun 1976, Suzuki meluncurkan Carry 55 dengan kode ST10 untuk pikap, ST10V untuk minibus dan ST11 untuk pikap three-way deck. Mesin yang dipakai Suzuki untuk model pikapnya ini adalah mesin LJ50 dengan kapasitas mesin 539 cc.

Carry ST10 inilah yang pertama kali dipasarkan di Indonesia, tepatnya di kota Manado, dan dipergunakan oleh para petani untuk mengangkut hasil bumi berupa cengkeh. Pada saat itu, banyak yang menyebut kendaraan ini Suzuki Pick Up.

Carry ST10 sendiri menggunakan mesin 3 silinder, yang berjenis 2 tak dan menggunakan pendingin cairan. Tenaga yang dihasilkan mesin mesin ini 26 dk.

Namun, hanya dipasarkan dalam hitungan bulan, pada tahun 1977 Carry ST10 digantikan oleh seri ST20 yang saat itu disebut sebagai "truntung".

Direktur Marketing 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Donny Saputra, dalam diskusi virtual bersama Forum Wartawan Otomoti (FORWOT) yang digelar beberapa waktu lalu mengatakan bahwa, memang sejarah kehadiran Suzuki di Indonesia tak bisa dilepaskan dari Carry.

"Kalau lihat sejarahnya, kami membawa mobil Suzuki ke Indonesia, pertama yang diperkenalkan adalah Suzuki Carry. Pertama kali dijual di Manado mobil ini diinisiasi Bapak Soebronto Laras untuk membantu para petani cengkeh di sana pada tahun 1970-an," kata Donny.

Dalam perjalanannya, Suzuki terus mengembangkan sayap, dengan tetap bertahan disegmen kendaraan niaga dan menghadirkan Suzuki Futura pada tahun 1990 an. 

Namun, nama Carry akhirnya kembali digunakan pada tahun 2011 dengan hadirnya Mega Carry.

Terus melakukan pengembangan, generasi paling terbaru dari Suzuki Carry akhirnya hadir di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019.

Hadir di segmen kendaraan niaga, menjadikan Suzuki Carry sering kali menjadi model terlaris pabrikan hingga saat ini. 

Bahkan pada 2019, Carry mampu berkontribusi hingga 56,8 persen atau 102.865 unit dari total penjualan wholesales Suzuki.

Sedangkan untuk Januari hingga Agustus 2020, pertumbuhan pangsa pasar Suzuki kembali didominasi Carry dengan kontribusi 53 persen terhadap penjualan ritel nasional Suzuki, atau 23.856 unit.

Hal tersebut membuktikan kiprah 50 tahun Suzuki sebagai salah satu produsen kendaraan niaga, yang menjadi kepercayaan konsumen Indonesia.

Share :

Penjualan Daihatsu September 2020 Mulai Moncer, Sigra dan Gran Max Dominasi

Pada retail, di September 2020 tercatat sebanyak 7.721 unit, atau naik sekitar 23%.

Read More
Beli Triton Dapat Gratis Ban, Cek Promo Penjualan Mitsubishi Lainnya di Bulan Oktober 2020

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) kembali menghadirkan berbagai program penjualan menarik pada Oktober 2020.

Read More
Penjualan Pikap dari Januari - Agustus 2020 Merosot 37%, Suzuki Carry Kuasai Pasar

Adanya pandemi Covid-19 membuat penjualan mobil di Indonesia merosot, tak terkecuali kendaraan niaga ringan jenis pikap.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler