Jakarta, MobilKomersial.com - Suzuki menjadi salah satu produsen motor dan mobil terkemuka di Indonesia, dan di tahun 2020, pabrikan asal Jepang ini merayakan 50 tahun kehadirannya di Indonesia. 

Perjalanan panjang puluhan tahun produsen berlogo "S" diawali pada 1970 yang hadir memperkenalkan dua unit produk roda dua yaitu tipe A100 dan FR70 di bawah naungan PT Indohero Steel and Enginerring Company.

Berselang 6 tahun kemudian, di bawah kepemimpinan Subronto Laras yang dikenal sebagai "Bapak Suzuki Indonesia, mereka menelurkan kendaraan roda 4 pertamanya dari segmen kendaraan niaga yakni Pick Up Carry ST10 dan Fronte sebagai kendaraan penumpang.

Di tahun selanjutnya, yakni 1977, bersamaan dengan program lokalisasi pemerintah, Suzuki memulai pengembangan generasi kedua dari kendaraan komersialnya, Super Carry ST20.

1979 Suzuki mulai mengembangkan kendaraan serbaguna bernama Suzuki Jimny LJ80 dan beberapa produk kendaraan roda empat seperti GP100, GP125 dan TS100.

Baca juga : Suzuki XL7 Dimodifikasi Berkelir Hitam, Makin Gagah Siap Berpetualang

Dan hingga kini, Suzuki telah melahirkan sejumlah kendaraan legendaris yang membantu mobilitas masyarakat di Tanah Air, salah satu pencapaian terbaiknya adalah kinerja ekspor.

Sejak kehadirannya dari 1970, selain memenuhi pasar domestik, Suzuki juga berkomitmen fokus mengembangkan produk di dalam negeri guna memenuhi pasar mancanegara yang kini terus meningkat.

Kinerja ekpsor Suzuki terlihat sejak 2019, di mana mereka telah mengekspor sejumlah kendaraan di antaranya All New Ertiga, APV, Karimun Wagon R, dan Carry Pick Up dalam bentuk utuh (CBU/Completely Bulit Up) dan terurai (CKD/Completely Knock Down) yang tersebar di 52 negara di dunia.

Dilihat dari ekspor Suzuki periode Januari-Agustus 2020, torehannya mencapai 24.309 unit atau meningkat 12,2 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebanyak 21.673 unit. 

Share :

Pertamina Hadirkan Pertashop ke-8 di Donggala Sulawesi Tengah

Pertamina sendiri menargetkan sebanyak 44 Pertashop akan hadir di Sulawesi pada tahun 2020 ini dan hingga berita ini diturunkan telah terealisasikan 33 titik.

Read More
HPM Adakan Program Sehat Bersama Honda Lewat Sosial Media

Kampanye Sehat Bersama Honda merupakan salah satu dari aktivitas digital terbaru dari Honda sebagai sarana menjalin komunikasi dengan konsumennya, khususnya melalui platform sosial media

Read More
Bosch Kenalkan Nexeed, Perangkat Lunak Industri 4.0 untuk Mendigitalkan Manufaktur

Bosch memperkenalkan Nexeed Industrial Application System, yang menggabungkan perangkat lunak dan layanan berbasis teknologi industri 4.0 serta pengalaman manufaktur

Read More
honda

Terkini

Terpopuler