Jakarta, MobilKomersial.com – Negara Cina menjadi pengekspor bus terbesar sepanjang Januari 2020 hingga Agustus 2020 dengan total mencapai 36.263 unit.

Meski situasi dunia yang masih dihantui pandemi Covid-19, jumlah ekspor dari cina tetap tinggi dan Timur Tengah menjadi kawasan tujuan ekspor terbesar.

Seperti dilaporkan laman The People Daily, Asosiasi Produsen Kendaraan Komersial Cina menyebutkan bahwa, meski proses pengiriman bus ke sejumlah negara tujuan ekspor mengalami kendala karena dampak wabah Covid-19, namun, pengiriman kembali meningkat pada Mei dan Juli, tetapi menurun pada Agustus.

Salah satu produsen bus terbesar di Negeri Tirai Bambu, Xiamen King Long United Automotive Industry Co.Ltd tercatat hingga Juni lalu telah mengirim 1.300 bus ke Saudi Arabia.

"Bus-bus itu dijadwalkan mulai digunakan ketika sekolah di Arab Saudi melanjutkan kegiatan kelas pada bulan September ini," kata Sales Manager pabrikan bus itu, Chen Zhixiang.

Baca juga : Jalani Uji Coba 3 Bulan, Bus Listrik Transjakarta Siap Beroperasi Penuh

Sementara pada laman China Buses sebelumnya melaporkan, sepanjang Januari – Mei, pabrikan bus di Cina telah mengekspor bus sebanyak 22.611 unit. 

"Jumlah itu menyusut 0,3% dibanding periode yang sama tahun lalu," tulis media itu.

Selama kurun waktu itu, ada 10 negara yang paling banyak menyerap bus buatan pabrikan Cina yakni Mesir (26,43%), Arab Saudi (18,3%), Peru (6,2%), Bolivia, Vietnam, Filipina, Nigeria, Venezuela, UEA dan Chili.

Total volume ekspor ke sepuluh negara itu mencapai 17.214 unit. Jumlah tersebut setara dengan 76,1% dari total volume ekspor bus Cina di periode lima bulan pertama itu.

Share :

Setelah Karina, Bus Sinar Jaya Terbakar di Tol, Apa Penyebabnya?

Bus milik PO Sinar Jaya dengan nopol AD 1422 EF tersebut dibertakan terbakar hebat pada Selasa (27/10/2020) dini hari, sekitar pukul 03.38 di Tol Jagorawi KM 15 (arah Bogor) Kel. Cibubur, Kec. Ciracas, Jakarta Timur

Read More
Akomodir Kebutuhan Pesepeda, BPTJ Sediakan Bagasi SeLi di Bus JR Connexion

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyediakan layanan bagasi sepeda lipat di Bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion)

Read More
Damri Sediakan Armada Gratis Menuju Wisata di Banyuwangi, Lihat Rute dan Jadwalnya

Damri menyiapkan 8 armada yang terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler