Jakarta, MobilKomersial.com - Sebagai salah satu produsen kendaraan otomotif, Suzuki kini telah memasuki usia 50 tahun dalam kiprahnya di Indonesia. Berawal dari produk Suzuki Carryy yang pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 1970an, Suzuki berhasil memberikan kesan sebagai salah satu produsen kendaraan niaga yang laris manis di Indonesia.

Kala itu, Suzuki hadir untuk mempermudah mobilitas para petani di Manado. Dengan Suzuki Carry Pikap yang mampu mengangkut berbagai hasil kebun masyarakat, nama Suzuki semakin dikenal sebagai produsen kendaraan niaga.

Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra juga mengakui bahwa kesan kendaraan komersial tak pernah lepas dari Suzuki.

“Sampai saat ini, bisa dibilang memang kita agak susah dipisahkan dari kesan kendaraan niaga. Masyarakat Indonesia memang sudah mengakui produk kendaraan niaga kami, dan memang penjualan kendaraan niaga Suzuki Carry selalu yang paling tinggi,” ujar Donny lewat diskusi virtual (Ngovid) bersama Forum Wartawan Otomotif Indonesia (Forwot), Rabu (30/09/2020) lalu.

Namun meskipun demikian, Suzuki juga  memiliki sederet kendaraan penumpang mulai dari MPV, SUV dan juga Sedan yang kualitasnya patut diperhitungkan.

Sejak tahun 2010, Suzuki telah berupaya untuk mengcoba menguatkan segmen kendaraan penumpang yang dimilikinya. Berbagai strategi dilakukan, seperti meluncurkan berbagai varian mobil penumpang baru, hingga sekarang.

Baca juga : Penjualan Pikap dari Januari - Agustus 2020 Merosot 37%, Suzuki Carry Kuasai Pasar

Bisa dibilang, strategi yang dibuat Suzuki tersebut berhasil. Donny menyebut, bahwa sebelumnya hampir 100 persen penjualan Suzuki merupakan kendaraan komersial, tapi kini 45 persen adalah kendaraan penumpang.

“Ke depannya, tentu segmen penumpang untuk produk Suzuki akan tetap tumbuh, tapi kembali lagi tetap harus melihat demografinya,” tutur Donny.

Donny menjelaskan, alasan kendaraan niaga Suzuki laris manis dipasaran karena kebutuhan masyarakat akan kendaraan untuk mengangkut barang yang tinggi, ditambah jangka penggunaan yang panjang.

“Sedangkan mobil penumpang bukan cuma bicara kebutuhan, melainkan cenderung kepada emosional buyer yang mempertimbangkan status sosial,” jelas Donny.

Donny mengungkapkan, kedepan Suzuki juga akan memiliki beberapa strategi untuk terus menguatkan produk mobil penumpang.

“Kedepan kami juga akan melakukan terobosan-terobosan baru di kendaraan penumpang. Dengan harapan mampu meningkatkan citra kami sebagai brand yang kuat di Indonesia,” tutup Donny.

 

(Denny)

Share :

Suzuki GSX-R150 MotoGP 2020 Edition Meluncur, Terinspirasi Balap Tahun 1960

GSX-R150 MotoGP 2020 Edition dilabur dengan warna Solarize Silver – Met. Triton Blue, dimana warna tersebut pertama kali diterapkan di sepeda motor balap Suzuki di ajang Isle of Man's Trophy Tourist 1960.

Read More
Punya Fitur Sensing, Honda Filipina Rilis New CR-V

Honda Cars Philippines, Inc. (HCPI) selaku unit bisnis mobil Honda di Filipina, secara resmi meluncurkan New Honda CR-V melalui acara media virtual yang disiarkan melalui halaman Facebook dan YouTube HCPI

Read More
Daihatsu Perbarui Desain dan Fitur Keselamatan Thor di Jepang

Daihatsu Thor hadir sebagai mobil pertama keluarga muda yang cocok digunakan sehari-hari untuk mengasuh anak dalam tahapan tumbuh kembang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler