Bandung, MobilKomersial.com - Saat ini Indonesia tengah memasuki pancaroba, peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. 

Dalam kaitannya dengan berkendara, persiapan menghadapi musim hujan tidak sekedar membawa payung di dalam mobil.

Namun, ada kondisi kendaraan yang juga harus diperhatikan dan dipersiapkan, karena kondisi di jalan saat hujan berbeda dengan kondisi jalan kering.

Persiapan kendaraan untuk musim hujan dilakukan dengan memeriksa komponen penting di mobil yang berfungsi pada kondisi hujan agar dapat digunakan secara optimal. 

Berikut beberapa komponen mobil yang dapat dicek sebagai persiapan berkendara di musim hujan versi Mitsubishi Motors.

Cek kondisi wiper

Ini merupakan peranti utama di mobil yang wajib diperiksa. Wiper berfungsi menyapu air dari kaca mobil agar visibilitas pengemudi tetap terjaga, sangat dibutuhkan ketika berkendara. Untuk itu pengecekan wiper menjadi hal yang wajib dilakukan ketika memasuki musim hujan.

Periksa kondisi karet wiper, jika kondisi karet wiper sudah keras maka sebaiknya diganti agar berfungsi membersihkan kaca mobil dengan baik dan membuat pandangan Anda tidak terganggu saat hujan.

Simak juga : Tips Mengemudi di Jalan Tol, Agar Tetap Aman Selama Perjalanan

Selain itu, lakukan perawatan pada tabung air wiper dan nosel penyemprot. Pastikan kondisinya selalu bersih agar air yang disemprotkan tidak kotor karena endapan lumpur, lumut, atau kotoran lainnya.

Jangan lupa untuk mengecek apakah wiper di mobil Anda berfungsi dengan normal. Umumnya wiper mobil dilengkapi dengan 3 mode kecepatan: intermittent, lo dan hi. 

Gunakan mode intermittent dalam kondisi hujan rintik atau gerimis. Bila kondisi hujan agak deras gunakan mode lo. Mode hi hanya untuk kondisi hujan sangat deras di kecepatan tinggi. Pengaturan mode operasi wiper dapat dilakukan pada tuas yang terletak didepan roda kemudi.

Share :

Ternyata Mudah! Begini Cara Membaca Kode di Ban Mobil

Pengetahuan yang cukup mendalam mengenai ban akan membuat pemilik kendaraan mengerti ban apa yang cocok untuk kendaraan yang ia gunakan. Karena, penggunaan harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui dan jenis kendaraan.

Read More
Ini Enam Keuntungan Perawatan Mobil Pakai Suku Cadang Asli

Pada saat konsumen melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, tentunya penggantian akan dilakukan menggunakan suku cadang asli.

Read More
Lakukan Trik ini Supaya Harga Jual Kembali Xpander Tetap Tinggi

Ketika membeli mobil baru, karakteristik konsumen di Indonesia umumnya memikirkan banyak hal sebelum memutuskan, salah satunya soal harga jual kembali mobil tersebut.

Read More