Jakarta, MobilKomersial.com - Dalam beberapa tahun terakhir, di Jepang khususnya di bagian barat, sering dilanda bencana seperti banjir dan gempa yang mengakibatkan kerusakan akibat tsunami dimana belum pernah terjadi sebelumnya.

Untuk itu, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation dan Kokushikan University menghadirkan kendaraan konsep "Canter Athena", yang dikembangkan dengan harapan akan berperan aktif dalam keadaan darurat seperti bencana. 

Kendaraan yang diambil dari basis truk ringan Canter ini diperkenalkan pada 30 Juli 2020 dalam acara "Fuso Future Solutions Lab" yang diadakan di kantor pusatnya, Kawasaki Seisakusho.

Acara ini diselenggarakan sebagai wadah terbuka untuk menciptakan ide-ide kreatif dari dalam dan luar perusahaan dengan tujuan mengembangkan produk-produk inovatif yang dapat menjadi solusi kebutuhan dan permasalahan sosial.

Baca juga : Mitsubishi Fuso Hadirkan Dua Unit Truk Konsep Multiguna

Melansir dari Kuruma-news.jp, truk penggerak empat roda yang dipamerkan kali ini merupakan kendaraan penyelamat darurat bencana, yang dikembangkan bersama dengan Lembaga Penelitian Pencegahan Bencana dan Penyelamatan Darurat Universitas Kokushikan.

Mejengnya kendaraan yang masih prototipe ini sebagai pameran referensi di Tokyo Motor Show yang diadakan pada akhir Oktober 2019, dan itu adalah kendaraan yang memenuhi kebutuhan khusus penyelamatan dan layanan darurat.

Melihat spesifikasinya, truk ini dilengkapi dengan mesin diesel 3 liter, dan pengaturannya dapat dipilih untuk masing-masing dari empat tenaga kuda yang berbeda, dan variasi bodi juga serbaguna seperti kargo, dump, van (mobil boks), mobil pengangkut, EX (kargo panjang).

Canter Athena, dikatakan telah dikembangkan tanpa modifikasi besar pada kendaraan dasarnya. Selain itu, ban dan roda telah diubah menjadi yang memiliki kemampuan luar biasa untuk melaju di jalan kasar. 

Simak juga : Fuso eCanter SensorCollect, Truk Sampah Bertenaga Listrik yang Inovatif

Truk ini juga dirancang dengan kompartemen bagasi secara khusus, helm, lampu, dan peralatan penyelamat hidup yang diperlukan untuk penyelamatan dan penyelamatan.

Di bagian belakang disematkan dua sepeda motor off-road sehingga Anda dapat bekerja tanpa kehilangan mobilitas bahkan di tempat-tempat yang tidak dapat dilalui kendaraan besar.

Mengenai Canter Athena, penanggung jawab pengembangan Mitsubishi Fuso berbicara sebagai berikut.

"Canter Athena yang berkenaan dengan kegiatan pada saat terjadi bencana merupakan konsep kendaraan yang dapat berperan aktif di jalan kasar pada saat terjadi bencana," kata penanggung jawab pengembangan Mitsubishi Fuso.

Canter Athena rencananya akan digunakan untuk tanggap bencana aktual di Lembaga Penelitian Pencegahan Bencana dan Bantuan Darurat Universitas Kokushidate di masa mendatang.

Share :

Isuzu Dukung Penerapan Truk Zero ODOL di Jawa Timur

Peraturan ODOL ini diukur bukan hanya dari segi keselamatan saja, tetapi juga bertujuan agar kendaraan komersial menjadi lebih sehat.

Read More
Kenalkan Mesin Sistem Commonrail, Isuzu Gelar Webinar Bersama Siswa dan Guru SMK

Isuzu Indonesia menggelar webinar dengan tajuk Pengenalan Sistem Commonrail pada kendaraan Isuzu, Selasa 13 Oktober 2020 lalu.

Read More
Mitsubishi Fuso Bocorkan Teaser Canter Terbaru, Akan Masuk Indonesia?

Mitsubishi Fuso disebut-sebut siap menggebrak pasar truk, dengan menghadirkan generasi terbaru dari Canter

Read More
honda

Terkini

Terpopuler