Jakarta, MobilKomersial.com - Seluruh pemilik kendaraan bermotor di Indonesia tentuya memiliki kewajiban membayar pajak, untuk mengesahkan STNK atau surat tanda nomor kendaraan. Namun, terkadang tidak sedikit pemilik kendaraan bermotor yang lupa, kapan pambayaran pajak kendaraan mesti dilakukan. 

Alhasil, denda pajak kendaraan bermotor harus ditanggung saat membayar pajak tahunan. Agar lebih nyaman saat melakukan pembayaran pajak kendaraan beserta dendanya, perlu diketahui bagaimana cara menghitung denda pajak kendaraan bermotor. Seperti apa cara menghitungnya?

Besarnya Jumlah Denda Pajak Kendaraan

Besarnya jumlah yang harus dibayarkan tentu dipengaruhi oleh jenis kendaraan yang dipunyai. Beda jenis kendaraan baik mobil atau motor, maka beda pula pajak serta denda STNK yang harus dibayarkan. Mengingat adanya denda tersebut, tentu lebih baik untuk membayar tepat waktu, karena biaya keterlambatan bayar pajak atau denda tentunya kurang menguntungkan pemilik kendaraan bermotor.

Bagi yang belum mengetahuinya, ternyata, ketentuan yang diberikan soal keterlambatan telat bayar pajak kendaraan ini sendiri adalah, jika telat 1 atau 2 hari, denda yang perlu dibayarkan ternyata sama dengan denda untuk satu bulan. Begitu pula jika telat membayar denda untuk satu minggu lamanya. Untuk itu, selalu cek tanggal pembayaran pajak kendaraan anda agar tidak telat membayar pajak kendaraan.

Jika Anda telat membayar hingga satu bulan satu hari, maka denda yang perlu dibayarkan adalah sama dengan denda telat membayar denda 2 bulan. Itu artinya, semakin menunda membayar pajak, maka semakin merugi. Itu sebabnya, membayar pajak motor tepat waktu sangat disarankan. 

Lantas bagaimana jika Anda telat membayar hingga 1 tahun lamanya? Tentu denda yang diberlakukan adalah mengalikan jumlah denda satu bulan selama 12 kali. Begitu pula jika pajak tersebut sempat telat 2, 3 hingga 5 tahun, hanya tinggal dikali dengan jumlah keterlambatan tentunya.

Share :

Masuk Musim Hujan, Begini Cara Berkendara yang Benar agar Bisa Klaim Asuransi

Pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam juga dapat memperluas asuransinya dengan manfaat dari risiko bencana alam.

Read More
Sebelum Berlibur dengan Kendaraan Pribadi, Cek Dulu Kondisi Wiper Biar Maksimal

Salah satu dari komponen mobil yang sangat penting saat musim hujan ini adalah wiper, yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil terutama bagian depan saat hujan turun agar pandangan visual pengemudi tidak terganggu

Read More
Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas, agar Keuangan Tetap Sehat

Mungkin banyak diantara Anda berkeinginan untuk membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari, karena tentunya lebih untung dan bisa menjadi solusi memiliki mobil dengan dana terbatas

Read More
honda

Terkini

Terpopuler