Jakarta, MobilKomersial.com - Ada yang bilang, Radiator Coolant (RC) itu yang terbaik berwarna merah. Eh, menurut mekanik B, warna hijaulah yang paling bagus. Usut punya selidik, ternyata warna itu tidak menentukan grade atau kualitas sebuah coolant.

“Cairan coolant menggunakan air suling dicampur ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rustinhibitor (anti karat). Dan semua unsur kimia tersebut bening dan tidak berwarna. ,” terang CEO PT Wealthy Group, Arief Hidayat kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Menurut pria jebolan S2 Teknik Mesin London, Inggris ini, warna-warna pada RC didapat dari zat pewarna yang dicampurkan oleh produsen. Dari sisi produsen, berfungsi sebagai identitas merek. Jadi tidak ada hubungannya dengan kualitas produk. Tidak juga menambah fungsi dan kinerja RC di cooling system sebuah mobil.

Baca juga : Pakai Radiator Coolont Jangan Asal, Ketahui Dulu Isi Kandungannya

Tapi, bukan berarti tidak ada fungsinya sama sekali. Warna digunakan untuk mengetahui kebocoran yang terjadi pada sistem pendingin. 

"Jika air pendingin tidak berwarna maka kala terjadi kebocoran akan susah dideteksi lokasi kebocorannya. Karena air yang tidak berwarna jika sudah kering akan tidak ada bekasnya. Sebaliknya, RC berwarna akan meninggalkan bekas yang ketara ketika sudah mengering," terang Arief.

Share :

Tips Asyik Berkunjung ke GIIAS 2019

Untuk pengalaman mengunjungi pameran otomotif GIIAS 2019 yang lebih asyik, simak beberapa tips di bawah ini.

Read More
Begini Cara Jaga Mobil Tetap Bersih Agar Nyaman Saat Dipakai

Untuk menjaga rumah kedua tersebut tetap nyaman dan bersih, ada beberapa bagian yang perlu diperhatikan ketika sedang melakukan bersih-bersih kabin mobil anda.

Read More
Jangan Sembarangan Saat Mengemudi Malam Hari, Perhatikan Dulu Hal Berikut!

Malam hari merupakan waktu yang paling berbahaya untuk mengemudi.

Read More