Jakarta, MobilKomersial.com - Ada yang bilang, Radiator Coolant (RC) itu yang terbaik berwarna merah. Eh, menurut mekanik B, warna hijaulah yang paling bagus. Usut punya selidik, ternyata warna itu tidak menentukan grade atau kualitas sebuah coolant.

“Cairan coolant menggunakan air suling dicampur ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rustinhibitor (anti karat). Dan semua unsur kimia tersebut bening dan tidak berwarna. ,” terang CEO PT Wealthy Group, Arief Hidayat kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Menurut pria jebolan S2 Teknik Mesin London, Inggris ini, warna-warna pada RC didapat dari zat pewarna yang dicampurkan oleh produsen. Dari sisi produsen, berfungsi sebagai identitas merek. Jadi tidak ada hubungannya dengan kualitas produk. Tidak juga menambah fungsi dan kinerja RC di cooling system sebuah mobil.

Baca juga : Pakai Radiator Coolont Jangan Asal, Ketahui Dulu Isi Kandungannya

Tapi, bukan berarti tidak ada fungsinya sama sekali. Warna digunakan untuk mengetahui kebocoran yang terjadi pada sistem pendingin. 

"Jika air pendingin tidak berwarna maka kala terjadi kebocoran akan susah dideteksi lokasi kebocorannya. Karena air yang tidak berwarna jika sudah kering akan tidak ada bekasnya. Sebaliknya, RC berwarna akan meninggalkan bekas yang ketara ketika sudah mengering," terang Arief.

Share :

Bersihkan Interior Mobil Saat PSBB, Cegah Virus dan Mobil Jadi Sehat

Ada beberapa tips dan bagian yang perlu diperhatikan saat membersihkan interior mobil

Read More
Tips Merawat Sunroof dan Panoramic Sunroof pada Mobil

Salah satu fitur pada kendaraan yang paling rawan terdampak adalah sunroof dan panoramic sunroof

Read More
Tips Ganti Oli Mobil Sebelum Diajak Berpetualang di Masa New Normal

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter, terlebih jika selama mobil parkir.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler