Jakarta, MobilKomersial.com - Damri dikabarkan akan segera melakukan uji coba satu unit bus listrik. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui kecocokan bus listrik untuk operasional Damri.

Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis, Sandry Pasambuna lewat laman resminya mengatakan, pengoperasian bus listrik ini dengan harapan kedepannya dapat menekan gas emisi dan menggantikan peran bus berbahan bakar minyak sehingga dapat mengurangi polusi udara di tanah air.

“Indonesia adalah salah satu penandatanganan United Nations Paris Accord tentang Climate Change sehingga harus dipastikan bahwa Damri akan mengimplementasikan Bus Listrik berbasis energi terbarukan,” ujar Sandry.

Baca juga : Damri Resmi Layani Rute Baru, dari Terminal Palbapang ke Yogyakarta Internasional Airport (YIA)

Keunggulan bus listrik sendiri seperti bunyi kendaraan yang senyap, hening, nyaman, serta bebas polusi udara.

Damri juga ingin menunjukkan bahwa telah bertransformasi menuju penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan, resiliensi, berkelanjutan, berinovatif, penyediaan alat produksi yang handal, modern dan berbasis teknologi mutakhir untuk mendukung konektivitas transportasi darat.

Dilansir dari akun Instagram @kemenbus, terdapat postingan yang menampilkan wujud dari bus listrik milik Damri tersebut. Dalam captionnya, akun Kemenbus juga menyebut bahwa bus listrik Damri merupakan produksi Edison Motors dari Korea Selatan. 

Livery bus tersebut berwarna putih dengan aksen biru dan kuning khas armada bus bandara Damri.

Bodinya pun sudah terpasang langsung pada sasisnya. Sehingga kemungkinan besar bus ini akan didatangkan secara utuh (CBU) dari Korea Selatan. Bukan bus yang masih harus dirakit bodinya oleh karoseri lokal.

Pihak Damri juga mengakui bahwa dalam waktu dekat akan mengoperasikan uji coba dahulu, jika hasilnya sesuai harapan, tidak menutup kemungkinan akan dapat diimplementasikan pada seluruh armada di seluruh Indonesia.

 

(Denny)

Share :

Setelah Karina, Bus Sinar Jaya Terbakar di Tol, Apa Penyebabnya?

Bus milik PO Sinar Jaya dengan nopol AD 1422 EF tersebut dibertakan terbakar hebat pada Selasa (27/10/2020) dini hari, sekitar pukul 03.38 di Tol Jagorawi KM 15 (arah Bogor) Kel. Cibubur, Kec. Ciracas, Jakarta Timur

Read More
Akomodir Kebutuhan Pesepeda, BPTJ Sediakan Bagasi SeLi di Bus JR Connexion

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyediakan layanan bagasi sepeda lipat di Bus Jabodetabek Residence Connexion (JR Connexion)

Read More
Damri Sediakan Armada Gratis Menuju Wisata di Banyuwangi, Lihat Rute dan Jadwalnya

Damri menyiapkan 8 armada yang terdiri dari empat unit medium bus masing-masing berkapasitas 20 orang, dan empat unit Hiace berkapasitas 14 orang.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler