Jakarta, MobilKomersial.com - Pandemi covid-19 yang masih melanda Indonesia, membuat sejumlah industri memutar otak, berupaya agar tetap dapat melanjutkan kegiatan bisnisnya. Berbagai upaya tentunya dilakukan, salah satunya adalah dengan melakukan kreasi dan inovasi. 

Seperti yang dilakukan oleh sejumlah Perusahaan Otobus dan Karoseri, yang membuat bus social distancing, dengan ubahan konfigurasi tempat duduk penumpangnya, agar armadanya dapat tetap beroperasi selama pandemi. 

Sejumlah unit bus yang telah melakukan ubahan konfigurasi kursi 1-1-1 diketahui merupakan bus besar, tapi PO Bagong diam-diam ternyata juga memiliki bus social distancing, namun dengan unit bus medium.

Baca juga : Inovasi di Masa Pandemi, Ini 4 Karoseri yang Bikin Bus Social Distancing

Bus antar kota dalam provinsi (AKDP) asal Jawa Timur ini menerapkan konfigurasi kursi 1-1-1 pada bus medium. Seperti diketahui, bus medium memiliki ukuran lebar yang berbeda dibanding bus besar. 

Bus besar sendiri memiliki lebar maksimal sekitar 2,5 meter, dan hanya memiliki selisih sekitar 20 cm dengan bus medium. Oleh karena itu, konfigurasi 1-1-1 bisa saja diterapkan pada bus medium. 

Pada unitnya, PO Bagong menggunakan bodi medium dari karoseri Trisakti asal Malang. Terdapat total 21 seat dengan fitur reclining dan safety belt 2 titik pada tiap bangkunya. Seat berwarna hitam-oranye ini dipasok dari perusahaan jok asal Malang, Rimba Kencana.

Hingga kini belum ada kabar bus ini akan dioperasikan untuk rute mana. Namun PO Bagong sendiri memiliki trayek antarkota dalam provinsi di Jawa Timur. Rutenya Surabaya-Tulungagung dan Surabaya-Trenggalek dengan armada bus medium.

 

(Denny)

Share :

Bus Mungil Tanpa Pengemudi Mulai Beroperasi di Sakai Jepang

Bus tersebut diprogram untuk melaju dengan kecepatan 18 kilometer per jam dalam perjalanan pulang pergi sejauh 5 kilometer melalui pusat kota.

Read More
Asyik, Halte Transjakarta Kini Disediakan Wifi Berkecepatan Tinggi

Layanan ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelanggan Transjakarta baik yang akan melakukan perjalanan atau pun bagi pelanggan saat transit di 13 koridor utama Transjakarta.

Read More
Karoseri Laksana Perkenalkan Teknologi Bio Smart and Safe Bus

Sebagai salah satu pendukung dalam aktivitas masyarakat, Karoseri Laksana meluncurkan prototipe bus bio smart dengan menggunakan bus PO Sumber Alam

Read More
honda

Terkini

Terpopuler