Jakarta, MobilKomersial.com - Bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) yang jatuh pada hari Kamis (17/09/2020) lalu, PT Transjakarta menyiapkan beberapa layanan yang dikhususkan bagi pelanggan disabilitas.

Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transportasi Jakarta Achmad Izzul Waro menjelaskan bahwa, dalam rangka Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas), Transjakarta menyiapkan sebanyak 1.000 masker untuk pelanggan disabilitas, di mana masker ini didesain khusus dengan tampilan depan transparan agar memudahkan dalam berkomunikasi. Pembagian masker ini rencananya akan dilakukan di seluruh halte-halte disabilitas.

Selain itu, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga menyediakan westafel portable di 100 halte yang difokuskan pada halte-halte dissabilitas milik Transjakarta. 

Baca Juga : PSBB Jilid 2, Ini Penyesuaian Waktu Operasional Transjakarta

“Sama dengan masker, wastafel portable ini juga dirancang khusus sehingga ramah digunakan oleh pelanggan disabilitas”, tutur Izzul.

Dalam hal ini menurut Izzul, seluruh pijakan wastafel dibuat lebih rendah sehingga memudahkan pengguna kursi roda ketika menggunakan wastafel portable tersebut. 

Untuk tahap awal, wastafel portable ini sudah tersedia di 4 (empat) Halte Transjakarta yakni Halte Sunan Giri, Halte Walikota Jakarta Timur, Halte Pasar Kramat jati dan Halte Rumah Sakit Islam.

Tidak hanya itu untuk memberi kemudahan kepada pelanggan disabilitas lainnya, Transjakarta juga akan melengkapi segala bentuk informasi terutama informasi Passanger Information System (PIS) yang akan dilengkapi dengan bahasa isyarat. Setidaknya akan terpasang di 247 PIS yang akan dilengkapi dengan bahasa isyarat.

Baca Juga : Hari Pelanggan, TransJakarta Luncurkan The All New Mikrotrans

Untuk itu, Transjakarta bekerjasama dengan dua komunitas disabilitas besar di Jakarta yakni Komunitas Handai Tuli dan Komunitas Gerakan Aksesibilitas Umum Nasional (GAUN). Kehadiran kedua komunitas ini akan membantu dalam mengisi konten yang akan diinformasikan kepada pelanggan. 

“Tentu Harapannya agar bisa memudahkan pelanggan terutama pelanggan dissabilitas ketika menggunakan layanan Transjakarta terutama di saat pendemi seperti ini dan tetap terinformasi info-info terbaru dari Transjakarta’, pungkas Izul.

Share :

Tilang Elektronik Diberlakukan, Aptrindo: Ini Cara Menghindarkan Kolusi

Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) merespon positif kebijakan tilang elektronik di DKI Jakarta. Kebijakan tilang ini dinilai lebih efektif dibandingkan tilang manual.

Read More
Seksi 1 dan 5 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Beroperasi Pada Pertengahan 2021

PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS) menargetkan pengoperasian dua seksi terakhir Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dalam waktu dekat

Read More
Grab Kembali Buka Pendaftaran Program Pelatihan Bagi UMKM

Grab kembali membuka pendaftaran program pelatihan dan pendampingan ‘#TerusUsaha Akselerator’ Batch 2 bagi ratusan UMKM di Indonesia.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler