Jakarta, MobilKomersial.com - Ketika berkendara di jalan raya, tentu sebagai pengendara harus menjalankan etika dan aturan mengemudi yang berlaku. Karena itulah ketika seseorang mengajukan pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi), maka ia akan mengikuti tes teori yang berisi etika dan aturan dalam berkendara. Salah satu etika berkendara yang harus pengemudi pahami adalah menyalip kendaraan dengan benar.

Tentunya menyalip kendaraan harus dipahami oleh setiap pengendara untuk mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya. Kecelakaan di jalan raya seringkali timbul karena salah satu atau kedua belah pihak tidak mematuhi aturan berkendara yang disarankan. Padahal dengan memahami aturan berkendara maka akan mencegah terjadinya kecelakaan. 

Penting dipahami bahwa etika menyalip seringkali diabaikan, apalagi oleh sejumlah oknum pengemudi kendaraan komersial, yang “dikejar setoran” atau “dikejar waktu” untuk bongkar muat barang. Tentunya, sebagai pengemudi, apapun yang terjadi tetap harus mengutamakan keselamatan. Karena berkendara juga terkait dengan nyawa orang lain yang juga berada di jalan raya.

Aturan Undang-Undang

Sebelum berkendara, seyogyanya seorang pengemudi memang harus memahami setiap rambu lalu lintas serta adab dalam berkendara. Rambu di jalanan akan membantu memudahkan pengemudi untuk berkendara dengan tepat sesuai situasi jalanan. Berikut beberapa tips untuk menyalip kendaraan dari Daihatsu!

1. Menyalip dari Sisi Kanan

Tips menyalip yang benar yang sudah umum diketahui adalah menyalip dari sisi kanan. Terkait menyalip dari sisi kanan ini sebenarnya bukan sekedar adab umum yang berlaku namun juga sudah diatur di dalam Undang-Undang Republik Indonesia. 

Berdasarkan peraturan mengenai Lalu Lintas serta Angkutan Jalan (LLAJ) yang ada di dalam Undang-Undang tahun 2009 nomor 22, dijelaskan bahwa menyalip kendaraan lain yang ada di depannya harus menggunakan lajur di sisi kanan. Hal ini tertuang di dalam ayat 1 pasal 109. 

Selain menggunakan lajur sebelah kanan ketika menyalip kendaraan, pengemudi juga diwajibkan untuk memastikan bahwa terdapat jarak pandang yang bebas ketika menyalip. Selanjutnya pastikan bahwa terdapat ruang salip yang mencukupi, dalam pengertian tidak ada kendaraan dari arah berlawanan di depan yang melaju mendekat. Pasalnya, ruang salip yang tidak mencukupi akan sangat berbahaya.

Share :

Masuk Musim Hujan, Begini Cara Berkendara yang Benar agar Bisa Klaim Asuransi

Pengendara yang ingin mendapatkan perlindungan dari bencana alam juga dapat memperluas asuransinya dengan manfaat dari risiko bencana alam.

Read More
Sebelum Berlibur dengan Kendaraan Pribadi, Cek Dulu Kondisi Wiper Biar Maksimal

Salah satu dari komponen mobil yang sangat penting saat musim hujan ini adalah wiper, yang berfungsi untuk membersihkan kaca mobil terutama bagian depan saat hujan turun agar pandangan visual pengemudi tidak terganggu

Read More
Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Mobil Bekas, agar Keuangan Tetap Sehat

Mungkin banyak diantara Anda berkeinginan untuk membeli mobil bekas untuk mobilitas sehari-hari, karena tentunya lebih untung dan bisa menjadi solusi memiliki mobil dengan dana terbatas

Read More
honda

Terkini

Terpopuler