Jakarta, MobilKomersial.com - Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dengan trayek ke daerah Sumatera dikenal memiliki sejumlah pemain seperti Perusahaan Otobus (PO) ALS, ANS dan NPM.

Selain tiga nama PO tersebut, masih ada sejumlah PO yang sudah lama menjadi moda transportasi masyarakat Sumatera, salah satunya PO Gumarang Jaya yang sudah eksis dari 1993.

Operator bus yang satu manajemen dengan PO Lampung Jaya ini adalah perusahaan jasa transportasi angkutan penumpang darat yang berasal dari Lampung. 

Pada masa jayanya, PO Gumarang Jaya dicap menjadi salah satu PO terbesar di Sumatera dan terbesar di Lampung yang masih beroperasi hingga kini.

Baca juga : PO Gumarang Jaya Buka Rute Pasaman ke Ponorogo

Nama Gumarang sendiri berasal dari nama seekor kuda dalam cerita Cindua Mato, sebuah legenda dari Minangkabau.

Pada puncak masa keemasannya, PO Gumarang Jaya melayani jaringan trayek dari pulau Sumatera ke berbagai jurusan di pulau Jawa. 

Rentang trayek Gumarang Jaya terbentang mulai dari Padang, Bukittinggi, Jambi, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera hingga Jakarta, Pati dan Solo di pulau Jawa.

Pada masa jaya angkutan penumpang bus jarak jauh dari akhir dekade 1970-an hingga awal dekade 2000-an, beberapa PO di Sumatera berkembang menjadi besar. 

Simak juga : Kemenhub Siapkan Konektivitas Rute Trans Musi yang Akan Beroperasi di Palembang

Di antara ratusan PO itu, PO Gumarang Jaya (Lampung) masuk ke dalam nama tersebut bersama Fa. PMTOH (Aceh), PO ALS (Sumatera Utara), serta PO ANS dan PO NPM (Sumatera Barat).

Mereka mendominasi jalan raya lintas Sumatera baik lintas tengah maupun lintas timur.

Operator yang berkantor pusat di Tanjung Karang, Lampung ini pada tahun 2015 pernah mendapatkan penghargaan Lifetime Achievement di bidang angkutan jalan dari Kementerian Perhubungan.

Dan berita terakhir, operator bus ini buka trayek baru Pasaman - Ponorogo.

Share :

Bicara Harga Bus-bus Double Decker di Indonesia

Dengan penampilan yang jangkung dan interior mewah pada bus double decker, dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, bahkan mencapai miliaran rupiah.

Read More
Volvo Luncurkan Bus Tingkat 9700 DD, Siap Beroperasi di Kawasan Eropa

Volvo Buses akan meluncurkan generasi baru bus tingkat Volvo 9700 DD untuk pengoperasian di kawasan Eropa.

Read More
Tanggapan Operator Bus Soal Kenaikan Tarif Tol

Sejumlah ruas tol di wilayah Jawa telah mengalami kenaikan tarif yang berlaku sejak Minggu, 17 Januari 2021.

Read More