MobilKomersial.com – Bagi yang punya mobil pasti ga asing dengan radiator coolant, yang katanya bisa “mendinginkan” temperatur mesin. Masa iya?

Sebenarnya yang tepat adalah radiator coolant berfungsi untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya.

Nah, tapi apakah kalian tau apa yang terkandung dalam air radiator coolant?

Pemerhati Otomotif dan CEO Wealthy Group, Arief Hidayat mengatakan, ada chemical khusus yang terkandung di dalamnya. 

"Air radiator coolant itu seharusnya mengandung chemical seperti ethylen glicol, diethlyn glicol, sodium 2-ethyl hexanote, sodium neodecanote hingga rust inhibitor," jelasnya kepada MobilKomersial.com di Jakarta, Senin (1/4/2019).

Nah, gunanya kandungan-kandungan itu, kata beliau, untuk menjaga temperatur mesin agar tetap berada pada temperatur kerjanya.

Air radiator coolant bukan hanya diisi dengan glicol saja, namun ada tambahan additive yang bisa menjaga tangki dari karat dan juga lumut.

"Selain itu pada beberapa zat additive itu juga yang membuat air radiator coolant mampu menjaga tangki dari karat dan anti beku," ungkapnya pria pecinta mobil Audi ini.

“Jadi, minimal air radiator coolant wajib memiliki anti karat dan juga anti lumut agar bisa bekerja dengan optimal dan tidak menimbulkan masalah dikemudian hari.” Tutupnya. 

Share :

Mudah Banget Bikin Kabin Mobil Harum, Tinggal Cesss...

Banyak merek yang beredar, salah satu yang terbaru adalah merek Wealthy Air Freshener dengan aroma citrus atau green tea.

Read More
Mobil Kotor Dipakai Mudik, Begini Cara Mudah Bersihkan Jok Berbahan Sintetis

Usai dipakai mudik lebaran, mobil biasanya menjadi kotor, khusunya di dalam kabin mobil. Setelah perjalanan jauh, kabin mobil yang terlihat dan rentan terkena kotoran pada umumnya adalah jok mobil.

Read More
Kapan Sih Waktunya Ganti Shock Breaker?

Fungsi dari shock breaker ini sebagai peredam terhadap goncangan dan sebagai penstabil getaran ban

Read More