Jakarta, MobilKomersial.com - Setiap produsen otomotif sudah menetapkan standar nilai oktan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang pada setiap kendaraan bermotor yang mereka pasarkan.

Rekomendasi jenis bahan bakar di setiap kendaraan itu, tentu bukan tanpa alasan, mereka sudah meriset dan meguji coba oktan jenis berapa yang mampu mengakomodir mesin pada setiap model kendaraan.

Setiap kendaraan memiliki batas atau takaran yang disebut sebagai Research Octane Number (RON) yang sudah ditentukan, ada yang RON 90, RON 92 atau RON 95.

Bagi yang belum tahu apa itu RON, maka bisa dikatakan RON merupakan kekuatan tekanan atau kompresi bahan bakar terhadap mesin.

Baca juga : Wajib Tahu, Risiko dan Dampak bagi Lingkungan Jika Pakai BBM Tak Sesuai Standar

Sayangnya, meskipun telah diberikan anjuran oktan yang harus digunakan, tak jarang beberapa pemilik mobil justru mengisi bahan bakar mobil tersebut dengan oktan yang lebih rendah.

Banyak yang beranggapan bahwa, saat tak punya uang mereka mengisi BBM dengan oktan yang rendah karena lebih murah. 

Bahkan, ada juga beberapa orang yang sering bergonta ganti jenis oktan bahan bakar kendaraannya, padahal, semakin tinggi angka RON maka pembakaran di dalam mesin akan semakin sempurna. 

Hal ini yang akan mendorong mesin semakin irit dan gas buang yang dihasilkan semakin sedikit. Alhasil lebih efisien.

Probo Prasiddhahayu, selaku Pertamina Sales Area Manager Banten menjelaskan, semakin tinggi angka RON maka pembakaran di dalam mesin akan semakin sempurna. 

"Hal ini yang akan mendorong mesin semakin irit dan gas buang yang dihasilkan semakin sedikit. Alhasil lebih efisien," ucap Probo saat diskusi virtual bersama FORWOT, Jumat (11/9/2020).

Share :

Berhadiah Puluhan Juta Rupiah, Catat Jadwal Kompetisi Brio Virtual Drift Challenge 2020

Kompetisi ini diadakan lewat mobile game berbasis android yang menyajikan tingkat permainan dan visual berkualitas tinggi buatan Gameloft.

Read More
Pertashop Hadir Permudah Akses BBM ke Pelosok, Sekaligus Tingkatkan Ekonomi Desa

Hingga pertengahan September 2020 ini, Pertamina telah mengoperasikan Pertashop di 62 titik penyaluran yang tersebar di wilayah Jatimbalinus

Read More
Mulai 27 September, Buka Tutup Lajur Diberlakukan di Gerbang Tol Gunung Putri

PT Jasamarga Metropolitan Tollroad akan melaksanakan pekerjaan perbaikan jembatan dan rekonstruksi pengerasan jalan di akses masuk Gunung Putri Ruas Tol Jagorawi

Read More
honda

Terkini

Terpopuler