Jakarta, MobilKomersial.com - Sebagai salah satu tujuan wisata di Indonesia, Bali terus meningkatkan kualitas layanan transportasi, guna mendukung mobilitas masyarakat maupun wisatawan.

Kini, bali telah memiliki layanan Bus Rapid Transport (BRT) yang dikelola Pemerintah Provinsi Bali dan telah dirilis pada Senin (07/09/2020) lalu. 

Gubernur Bali Wayan Koster mengatakan, keberadaan Trans Metro Dewata diharapkan dapat menjadi alternatif baru, dalam melakukan perjalanan dengan berbagai manfaat. Selain efisien karena bertarif murah hasil subsidi pemerintah, bus ini juga nyaman dan aman.

"Semoga dengan keberadaan moda baru ini, bisa semakin membangkitkan kesadaran dan minat masyarakat untuk memanfaatkan transportasi umum. Karena sangat jauh lebih hemat, apa lagi ini tanpa dipungut biaya alias gratis sampai bulan Desember," ujar Koster.

Baca Juga : Rute Baru Trans Jateng Kutoarjo Borobudur Mulai Beroperasi

Sekedar informasi bahwa Trans Metro Dewata telah dioperasikan sejak Senin (07/09/2020) lalu, dengan tarif gratis hingga akhir tahun.

Selain itu, guna memudahkan masyarakat dalam melihat rute ataupun waktu kedatangan bus, masyarakat bisa menggunakan aplikasi Teman Bus.

Disana dapat ditemukan berbagai rute yang dilalui oleh Trans Metro Dewata, serta durasi perjalanan dan jam kedatangan bus juga dapat dipantau secara detail.

Bicara soal tampilan dan bentuk, telihat bus Trans Metro Dewata sedikit berbeda dengan Trans Jateng, meskipun sama-sama digarap oleh Karoseri New Armada.

Bus Trans Metro Dewata sendiri menggunakan sasis Mitsubishi Fuso FE84 dengan dibalut bodi Citouro.

Bedanya adalah Trans Jateng menggunakan bodi Touristo. Perbedaannya keduanya pun hanya terlihat pada bagian eksteriornya saja, yakni lebih ke desain dan bentuk bodi bus.

Baca Juga : BRT Tayo Tangerang Tambah Armada Baru Bermesin Isuzu

Baca Juga : Jadi Armada Kebersihan, Ini Alasan Pemkot Semarang Pilih Esemka Bima

Sedangkan untuk bagian interiornya terlihat cukup sama, serta tampilan sederhana ala bus dalam kota juga tetap terasa. Seperti hadirnya bangku yang saling berhadapan dan fitur pegangan tangan penumpang.

Dengan dioperasikannya angkutan massal Trans Metro Dewata yang akan diintegrasikan dengan trayek Bus Sarbagita. Juga trayek bus AKDP dan trayek angkutan kota seperti Denpasar dan Gianyar.

 

(Denny)

Share :

Ini Dia Bocoran Bus Listrik Damri Asal Korea

Damri dikabarkan akan segera melakukan uji coba satu unit bus listrik

Read More
Hasil Juara Kontes Livery, Seni Tari Dolalak Mejeng di Bus Sumber Alam

PO Sumber Alam mengaplikasikan desain livery yang menjadi pemenang kontes, pada bus pariwisata mereka

Read More
Deretan PO yang Mengoperasikan Bus Social Distancing

Saat ini, bus dengan konsep kursi berjarak atau social distancing sudah semakin digandrungi para pelaku transportasi darat di Indonesia.

Read More