Jakarta, MobilKomersial.com - Selama masa pandemi Covid-19, industri otomotif dianggap paling mengalami hambatan yang membuat merosotnya penjualan kendaraan.

Hal itu bisa dilihat dari volume penjualan kendaraaan, khususnya pada segmen kendaraan komersial yang merasakan dampak dari pandemi ini.

Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan bahwa industri otomotif nasional sejak awal 2020 belum menunjukkan perkembangan yang berarti.

"Jika dilihat perkembangannya dari awal tahun sampai awal Maret, kami belum merasakan perkembangannya meski penjualan masih terus berjalan," ucap pria yang akrab disapa Momon dalam peluncuran virtual Mitsubishi Fuso Official Store, Selasa (1/9/2020).

Baca juga : Beli Truk dan Bus Mitsubishi Fuso Kini Bisa di Tokopedia

Menurutnya, kondisi itu terlihat karena sampai dengan Juli 2020 lalu perkembangan penjualan kendaraan niaga, truk khususnya masih menurun drastis sebesar 45% dari periode yang sama tahun lalu.

"Rata-rata penjualan kami bisa 7.200 unit di tahun 2019, tapi pada tahun 2020 rata-rata jumlahnya turun menjadi 4.000 unit. Ini jadi penurunan yang berat bagi bisnis otomotif kendaraan niaga di indonesia," bebernya.

Kendati demikian, Momon menganggap, situasi ini harus disikapi sebagai tantangan dan bisa dihadapi dengan semangat positif untuk terus maju.

Simak juga : Ada Promo Bunga 0% dan Gratis Emas Setiap Beli Truk Mitsubishi Fuso di Tokopedia

"Walaupun secara volume penjualan turun, tapi kami bisa mempertahankan posisi kami sebagai market leader dengan market share cukup positif yaitu 48,8 persen, meningkat sebesar 5 poin dibanding tahun lalu yang hanya 43,2 persen. 

"Kami bersyukur masih bisa melakukan transaksi dengan konsumen dan mempertahankan posisi sebagai market leader di pasar kendaraan niaga Indonesia," imbuhnya.

Sebagai informasi, total penjualantruk dan bus Mitsubishi Fuso selama Januari-Juli 2020 sebesar 13,646 unit.

Share :

Diproduksi April 2021, Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2 Sudah Bisa Dipesan

Mercedes-Benz Actros F dan Edition 2, mulai sekarang sudah bisa dipesan di 24 negara di dunia terpilih.

Read More
20 Tahun Ramaikan Pasar, Iveco Chakra Jawara: Kami Tertantang Hadirkan Produk Berkualitas

Lebih dari 20 tahun mewarnai pasar otomotif di Indonesia, PT Chakra Jawara terus berupaya menghadirkan truk berkualitas dunia dengan produk Iveco.

Read More
 Harga Batu Bara Membaik, Lonjakan Permintaan Truk Iveco Terjadi di Bulan Desember

permintaan unit sudah meningkat di bulan Desember. Selain itu, menurut dia, hal ini terjadi karena pelemahan harga batu bara yang terjadi di bulan Oktober perlahan meningkat hingga ke akhir tahun.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler