Jakarta, MobilKomersial.com - Di cuaca tidak menentu seperti sekarang, yang terkadang panas dan terkadang hujan, tentunya bagi yang sering bepergian dengan mobil, juga harus rajin melakukan pengecekan pada seluruh bagian kendaraan, terutama rem. 

Pasca hujan, terkadang kotoran, pasir jalanan dan air yang menyiprat ke bagian rem, dapat membuat rem berbunyi, bahkan dalam beberapa kondisi rem dapat berdecit. 

Tentunya hal tersebut sangat mengganggu selama berkendara, dan juga dapat berbahaya, mengingat rem adalah bagian penting pada kendaraan. Pengecekan pada rem sangat perlu dilakukan, terutama jika bunyi berdecit terdengar pada rem.

Bunyi berdecit yang ditimbulkan oleh rem sendiri, biasanya disebabkan oleh piringan kampas rem atau kopling yang sudah tidak rata.

Baca Juga : Powerbank dari Wealthy Bisa Buat Jumper Aki Mobil Saat Mogok

Kampas kopling yang tidak rata ini disebabkan oleh bagian permukaan cakram yang sering mengalami benturan.

Gesekan kampas kopling yang terjadi saat mobil sedang berjalan bisa mengakibatkan bagian permukaan cakram tersebut panas karena gesekan dan bisa membuat piringan tersebut mudah penyok, yang pastinya sangat berbahaya jika Anda dalam perjalanan jauh. 

Lantas, bagaimana cara mengatasi hal tersebut? Berikut beberapa hal yang menjadi alasan rem mobil berdecit, beserta cara menanganinya.

Share :

Enam Langkah Mengecek dan Merawat Ban Mobil Sebelum Berkendara

Perawatan ban kerap terlupakan bila tidak dalam kondisi bocor atau kempis, itu sebabnya dibutuhkan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil.

Read More
Musim Hujan, Ingat Selalu Cek Tabung Reservoir Agar Air Wiper Lancar

Saat memasuki musim hujan, salah satu komponen penunjang keselamatan dalam kendaraan yang harus dicek adalah wiper

Read More
Tips Mendahului atau Menyalip Kendaraan yang Benar

Ketika berkendara di jalan raya, tentu sebagai pengendara harus menjalankan etika dan aturan mengemudi yang berlaku

Read More