Jakarta, MobilKomersial.com - Selama ada kebijakan work from home atau bekerja dari rumah, membuat kendaraan lebih sering terparkir di garasi dan jarang digunakan. Biasanya kondisi seperti ini membuat mobil susah dihidupkan karena aki tekor.

Dalam kondisi aki mobil tekor itu masih bisa dihidupkan dengan cara jumper. Proses jumper aki dilakukan dengan memanfaatkan suplai arus listrik menggunakan kabel dan melibatkan aki mobil lain yang normal.

Namun, kini ada cara sederhana untuk jumper aki mobil dengan memakai powerbank produk dari Wealthy Group.

"Kabel jumper khusus yang disediakan dihubungkan ke soket khusus yang sudah ada di powerbank," ucap Arief Hidayat, CEO Wealthy Group, Kamis (13/8/2020).

Baca juga : Powerbank dari Wealthy Bisa Buat Jumper Aki Mobil Saat Mogok

Powerbank Mobile Wealthy ini dibuat dengan soket kabel berbeda supaya pemilik mobil tidak tertukar antara bagian arus listrik positif dengan negatif.

Pertama yang harus dilakukan adalah colok kabel bawaan Powerbank Wealthy, dan jika sudah dicolok, pastikan pada bagian adaptor menyala indikator berkedip merah dan hijau menandakan arus listrik bekerja.

"Lalu, dalam keadaan powerbank yang sudah dicolok kabel jumper, hubungkan kepala buaya positif ke kutub aki positif yang tekor, kemudian kepala buaya negatif ke kutub aki negatif," papar Arief.

Simak juga : Ada Pandemi Covid-19, Wealthy Masih Bisa Raup 60% Penjualan Produk Aftermarket

Kemudian, coba starter mesin mobil sampai bisa menyala, kemudian bisa lepas kabel positif dan negatif jumper dari aki.

Tidak perlu khawatir setelah starter mesin kabel masih terpasang di kutub aki yang bisa merusak aki bahkan kelistrikan mobil karena overcharge.

"Di dalam adaptor sudah ada circuit breaker yang memutus arus listrik setelah terdeteksi mesin mobil dan aki hidup," tukas Arief.

Share :

Enam Langkah Mengecek dan Merawat Ban Mobil Sebelum Berkendara

Perawatan ban kerap terlupakan bila tidak dalam kondisi bocor atau kempis, itu sebabnya dibutuhkan pengecekan secara berkala oleh pemilik mobil.

Read More
Musim Hujan, Ingat Selalu Cek Tabung Reservoir Agar Air Wiper Lancar

Saat memasuki musim hujan, salah satu komponen penunjang keselamatan dalam kendaraan yang harus dicek adalah wiper

Read More
Tips Mendahului atau Menyalip Kendaraan yang Benar

Ketika berkendara di jalan raya, tentu sebagai pengendara harus menjalankan etika dan aturan mengemudi yang berlaku

Read More