Jakarta, MobilKomersial.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) saat ini tengah menguji coba bus listrik (EV1) dengan melayani rute Balai Kota-Blok M selama tiga bulan ke depan.

Selama masa uji coba sejak 6 Juli 2020, Transjakarta melakukan kontrol sangat ketat untuk memastikan kendaraan tersebut benar-benar aman dan laik jalan untuk sebagai angkutan umum di Ibu Kota.

Kepala Divisi Teknik dan Pengembangan Bus Listrik PT TransJakarta Ery Priwan mengatakan, ada dua indikator yang diperhatikan dalam uji coba bus listrik ini. 

Pertama melihat kemampuan bus listrik beroperasi sesuai standar pelayanan yang dimiliki BUMD DKI Jakarta, dan kedua mengukur kondisi bus listrik dari perawatan yang dilakukan berkala.

"Kami juga akan monitoring perawatan, setiap unit pasti ada manual service book. Dari situ kami akan melihat apakah itu (bus listrik) bisa digunakan di Jakarta. Karena jalan di Jakarta punya problem macet, panas, temperaturnya tinggi," kata Ery seperti dikutip Antara, Rabu.

Baca juga : Melongok Spesifikasi Bus Listrik BYD yang Dioperasikan Transjakarta

Dari kedua aspek itu, lanjut Ery, nantinya Transjakarta dapat mengukur jumlah biaya yang dikeluarkan untuk kendaraan umum dengan nol emisi itu.

Sebelumnya, bus listrik ini telah melakukan prauji coba di wilayah yang tidak padat kendaraan, yakni di Taman Monas dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII). 

"Ternyata hasilnya bus tersebut laik untuk diuji coba di jalan raya. Kini, bus listrik Transjakarta dengan rute EV1 diuji coba secara bertahap dimulai dengan durasi 10 jam hingga 17 jam," tukas Ery.

Saat ini, PT Bakrie Autoparts sebagai agen BYD di Indonesia membawa dua unit bus single low entry tipe K9 dan bus medium tipe C6 untuk menguji kecocokan armada listrik di layanan Transjakarta.

Share :

Lagi Tren, Bus UHD Milik Universitas Muhammadiyah Jember Jadi Cafe Berjalan

Universitas Muhammadiyah Jember merilis unit bus terbarunya dengan bodi Jetbus 3 UHD produksi Karoseri Adiputro

Read More
Kurangi Kepadatan Penumpang KRL, Perum PPD Uji Coba Bus Trayek Bogor - Jakarta

Pengoperasian bus JRC yang dimulai pada Selasa (4/8) kemarin itu untuk menambah akses transportasi dari Bogor ke Jakarta dan untuk mengurangi kepadatan penumpang kereta rel listrik (KRL).

Read More
BNI Hibahkan 1 Unit Bus kepada Universitas Sebelas Maret Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah dapat hibah satu unit bus dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kendaraan operasional.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler