4. Aneka Jaya

Bus yang berasal dari Pacitan ini memiliki beberapa kelas untuk penumpangnya, yaitu kelas ekonomi, kelas AC ekonomi, kelas patas AC toilet, dan kelas VIP. Semakin banyaknya pesawat dengan tiket murah membuat banyak transportasi darat lintas Sumatera gulung tikar. Namun bus Aneka Jaya masih terus melayani trayek terjauhnya yaitu dari Jakarta menuju Pacitan, Surabaya menuju Pacitan, dan Solo menuju Pacitan. 

Bus ini memiliki rute terjauhnya untuk saat ini yaitu Pacitan menuju Pekanbaru, yang memiliki jarak tempuh kurang lebih 1.894 km dan memakan waktu perjalanan kurang lebih 34 jam.

5. Rasa Sayang

Bus Rasa Sayang merupakan bus yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Bus ini merupakan salah satu bus dengan trayek terjauh di Indonesia yang melayani rute dari ujung barat sampai ujung timur, bahkan melewati 3 pulau, yaitu dari Jakarta menuju Bima Nusa Tenggara Barat dengan jarak tempuhnya kurang lebih 1.743 km. Bus Rasa Sayang dari Jakarta menuju Bima kurang lebih memakan waktu 32 jam. Tentunya waktu yang tidak sedikit untuk melakukan sebuah perjalanan.

6. SAN atau Siliwangi Antar Nusa

SAN grup adalah kelompok usaha yang didirikan oleh Haji Hasanuddin Adnan yang dirintis sejak tahun 1978. Transportasi SAN grup yang dikenal dengan PO SAN atau PO Siliwangi Antar Nusa ini telah memiliki 43 unit bus dengan berbagai rute di Sumatera dan di Jawa.

Pemasarannya melayani trayek jurusan Bengkulu menuju Jakarta, Bengkulu menuju Padang, dan Bengkulu menuju Palembang. Di tahun 1993 melayani trayek untuk bus AKAM jurusan Bengkulu menuju Jakarta. Rute terjauhnya yaitu dari Pekanbaru menuju Solo dengan jarak tempuhnya kurang lebih 1.775 km dengan memakan waktu kurang lebih 29 jam.

Selain beberapa PO tersebut, ada juga PO PMTOH yang sebelumnya melayani rute Medan menuju ke Solo, namun kini PO bus tersebut hanya melayani rute Banda Aceh menuju ke Medan.

Tentunya keseluruhan waktu perjalanan tersebut kini menjadi lebih singkat karena adanya sejumlah tol lintas Jawa dan Sumatera yang dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan. 

 

(Denny)

Share :

Naik Damri ke Bandung Pakai Ini Cuma Bayar Rp 100

Damri bekerja sama dengan Bank BRI meluncurkan tiket elektronik (e-ticketing) yakni kartu Brizzi Damri edisi khusus untuk memudahkan pelanggan dalam membeli tiket Damri

Read More
BPTJ Akan Sediakan Bus Gratis di Stasiun hingga Akhir 2020

Pemerintah berupaya mengatasi penumpukan penumpang KRL dengan menyediakan bus gratis setiap Jumat sore dan Senin pagi.

Read More
Sensasi Minum Kopi di Dalam Bus Sambil Berkeliling Kota Jember

Bagi warga Kota Jember, Jawa Timur khususnya pecinta kopi, kini ada aktivitas wisata baru berupa menikmati kopi sambil berkeliling kota di dalam bus.

Read More