Jakarta, MobilKomersial.com - Fenomena mobil terbakar, baik saat kendaraan melaju atau terparkir akhir-akhir ini menjadi isu hangat.

Banyak asumsi pemicu terbakarnya mobil tiba-tiba, salah satunya karena hubungan pendek arus listrik. 

Di sini Suzuki Indonesia akan menginformasikan beberapa penyebab mobil tiba-tiba terbakar serta tips mencegahnya.

Semua sistem pada kendaraan sudah didesain dan dilakukan uji coba dari sisi kenyamanan, keselamatan, tenaga, dan kecepatan sesuai jenis kendaraan.

Pemasangan/penempatan dan kapasitas komponen kelistrikan pun didesain agar saat terjadi kegagalan pada sistem kelistrikan tidak terjadi hubungan pendek arus listrik yang dapat menyebabkan mobil terbakar.

Baca juga : Sebelum Pakai Minyak Rem, Cek Dulu Kandungannya Biar Gak Salah Pilih

Menurut Riecky Patrayudha, 4W, 2W & Marine Service Director, PT Suzuki Indomobil Sales, ada beberapa kiat untuk mencegah potensi mobil terbakar akibat kelalaian pengguna, di antaranya : 

Selalu cek ruang mesin kendaraan

Terkadang saat kita sedang melakukan pembersihan mesin mobil, kain lap atau material lain tertinggal atau jatuh ke arah knalpot. Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran.

Maka dari itu, selalu cek ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin.

Pastikan tutup oli terpasang rapat

Kebakaran bisa juga akibat kebocoran oli karena tutup oli tidak terpasang dengan benar. Hal ini disebabkan karena saat mesin hidup, cipratan oil yang keluar dari lubang pengisian oli berpotensi menetes ke knalpot yang panas dan dapat mengubah percikan oli tersebut menjadi api.  

Share :

Ternyata Mudah! Begini Cara Membaca Kode di Ban Mobil

Pengetahuan yang cukup mendalam mengenai ban akan membuat pemilik kendaraan mengerti ban apa yang cocok untuk kendaraan yang ia gunakan. Karena, penggunaan harus disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui dan jenis kendaraan.

Read More
Ini Enam Keuntungan Perawatan Mobil Pakai Suku Cadang Asli

Pada saat konsumen melakukan perawatan berkala di bengkel resmi, tentunya penggantian akan dilakukan menggunakan suku cadang asli.

Read More
Lakukan Trik ini Supaya Harga Jual Kembali Xpander Tetap Tinggi

Ketika membeli mobil baru, karakteristik konsumen di Indonesia umumnya memikirkan banyak hal sebelum memutuskan, salah satunya soal harga jual kembali mobil tersebut.

Read More