Balikpapan, MobilKomersial.com - PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region VI Balikpapan menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan kepada 8 peserta binaan Enduro Entrepeneurship Program (EEP) yang dikemas dalam bentuk seminar dan talkshow pada Selasa (21/7) di Balikpapan. 

Seminar ini menghadirkan pembicara yang berpengalaman dalam bidang wirausaha dan pemasaran yakni Presiden Indonesia Marketing Association (IMA) Rudy Setiawan dan Pemenang Alumni Kreatif ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Regional Kalimantan 2015 dan Founder The Denim Club Dio Fandhita Ramadhan.. 

Didik Setiyo Nugroho, Sales Region Manager VI PT Pertamina Lubricants menjelaskan bahwa, pihaknya terus berupaya untuk berkontribusi terhadap kemajuan perekonomian bangsa khususnya di bidang perbengkelan dengan membantu pengembangan UKM di Indonesia melalui Enduro Entrepreneur Program (EEP). 

"Selama mengikuti program, peserta diberikan ilmu dan pengetahuan dasar cara mengelola bisnis dengan optimal mulai dari materi keuangan, produk, teknik otomotif dan pelumas, sampai dengan customer service. Semua agar nantinya mereka bisa menjalankan bisnis bengkel mereka dengan mandiri dan berkelanjutan," ungkapnya.

Baca juga : Pelumas Pertamina Food Grade (FG) H-1 Dipercayai Industri Makanan dan Minuman di Indonesia

Sementara itu, Mohamad Arfandi dari bengkel Anrol Jaya Motor mengatakan, dengan mengikuti pelatihan dan pembinaan ini, dirinya menjadi lebih semangat dan ingin maju menuju kesuksesan.

"Sebelum mengikuti EEP, saya sempat putus asa dan tidak ingin melanjutkan bengkel, namun semenjak mengikuti program penbinaan ini, saya berfikir kembali bahwa saya harus tetap positif agar sukses kedepannya," imbuhnya.

Hal serupa disampaikan juga oleh Fajar Hidayatullah dari bengkel Jayatech Motor. "Dengan mengikuti pelatihan hari ini saya mendapatkan motivasi dari para senior dan juga mendapatkan pencerahan untuk melakukan perubahan dimasa yang akan datang. Terimakasih PT Pertamina Lubricants," tukas Fajar.

EEP merupakan program pengembangan dan kelanjutan dari CSR PT Pertamina Lubricants yakni Enduro Student Program (ESP), yang bertujuan untuk menyalurkan minat dan bakat siswa SMK dibidang teknik otomotif dimana mereka berkesempatan untuk membangun kewirausahawan mandiri khususnya perbengkelan.

Saat ini program EEP sendiri sudah membantu lebih dari 66 bengkel binaan di berbagai wilayah antara lain Medan, Jakarta, Jabar, Jateng & DIY, Jawatimur, Makasar dan Gowa. Khusus di Balikpapan, program ESP menciptakan 5 bengkel dengan total jumlah peserta 10 Anak yang kini sedang terus merintis bisnis sambil belajar entrepreneurship melalui program EEP. 

Sedangkan Enduro Student Program (ESP) secara nasional telah berhasil menciptakan 83 bengkel mandiri di 6 Wilayah Sales Region dan 3 Wilayah Ring I Production Unit sejak tahun 2016. 

Share :

Jangan Diabaikan, Pilih Wiper Kaca Belakang Mobil yang Bisa Berfungsi Optimal

Meski fungsinya tak sepenting wiper kaca depan mobil, wiper belakang tetap bertugas menghapus butir air, kabut dan kotoran ketika atau setelah hujan.

Read More
Tutup Rembesan Oli Mesin yang Bocor Bisa Pakai Wealthy Silicone Sealant Grey

Lem gasket Wealthy berwarna abu-abu ini memiliki bahan dasar silicone oxide modifikasi

Read More
Bridgestone Potenza Akan Jadi Ban Bawaan Lamborghini Huracán STO

Ban Potenza tersebut diklaim mampu memaksimalkan traksi, handling, kontrol dan keseluruhan performa ekstrim dari mobil supersport terbaru ini.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler