Jakarta, MobilKomersial.com - Dalam keadaan yang penuh ketidakpastian karena pandemi Covid-19, PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) mencoba memetakan perubahan signifikan terkait regulasi pemerintah yang mempengaruhi bisnis di segmen kendaraan komersial di Indonesia.

Perubahan tersebut disebabkan oleh penerapan tegas regulasi anti ODOL (Over Load, Over Dimesion), implementasi bahan bakar bio solar B30, dan implementasi EURO4 pada kendaraan niaga.

Regulasi anti ODOL sebenarnya bukanlah sebuah kebijakan baru, namun dengan semakin tegasnya pemerintah mengatasi kendaraan niaga yang kelebihan muatan dan dimensi tersebut mengindikasikan keseriusan pemerintah menciptakan ekosistem yang sehat untuk pebisnis maupun untuk keselematan pengendara di jalan raya.

Dengan ditegaskannya penerapan aturan anti ODOL dari sudut pandang pengusaha truk akan menambah beban operasional dan tarif dasar logistik.

Para pengusaha harus mencari cara untuk dapat mengefisienkan biaya kepemilikan dan operasional kendaraan niaga.

Baca juga : Kisah Inspiratif Pria Lulusan SMK Juara Isuzu World Technical Skill Competition di Jepang

Selain itu, pemerintah juga telah menerapkan implementasi bahan bakar solar B30 pada kendaraan niaga, dengan kebijakan ini muncul kekhawatiran dari pengusaha pada kondisi kendaraan niaga yang mereka gunakan. 

Terkait hal ini, Isuzu telah melakukan studi serta penyesuaian, dan mereka menyatakan bahwa unitnya siap untuk menggunakan bahan bakar B30 selama tetap melakukan perawatan berkala. 

Sementara, terkait pandemi Covid -19, pemerintah mengambil langkah untuk menunda implementasi EURO4 pada kendaraan niaga yang direncanakan pada April 2021 ditunda menjadi April 2022. 

Isuzu sebagai bagian dari GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonsesia) menyetujui langkah pemerintah melakukan penundaan penerapan kebijakan EURO4. 

Share :

Penjualan Bus dan Truk United Tractors Merosot Imbas Pandemi

PT United Tractors Tbk (UT) mengumumkan laporan keuangan konsolidasian untuk semester pertama tahun 2020

Read More
Hino Dutro di Australia Punya Fitur Canggih

Truk di Australia yang disebut Hino 300 Series ini disematkan Hino SmartSafe

Read More
Rivian Siap Kirim Truk Pick Up Bertenaga Listrik pada Tahun 2021

Sebelum proses pengiriman, Rivian telah mulai mengoperasikan jalur produksi pilot di pabriknya untuk bersiap-siap memproduksi mobil pelanggan.

Read More