Jakarta, MobilKomersial.com - Sebagai warga Indonesia, kita sudah sepatutnya berbangga karena berbagai produk terbaik telah mampu diproduksi mandiri di Indonesia.

Salah satunya adalah kendaraan taktis, yang baru saja rampung dibuat oleh produsen senjata, alat dan kendaraan militer PT Pindad. Kendaraan taktis tersebut diberi nama Maung.

Dilansir dari akun Instagram resmi PT Pindad, Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mencoba secara langsung performa kendaraan taktis 4x4 terbaru PT Pindad (Persero) yaitu "Maung" di Sirkuit Sentul, Bogor pada Minggu (12/07/2020) lalu. 

Lewat akun Instagram pribadinya, Menhan Prabowo juga mengatakan bahwa Kementerian Pertahanan (Kemhan) akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista di dalam negeri.

"Pada sore hari ini saya dan tim dari PT Pindad mencoba kendaraan Rantis 4x4 yang kami beri nama Maung," tulis Menhan Prabowo di akun Instagramnya.

Langkah tersebut dilakukan sebagai wujud dukungan program penelitian dan pengembangan, agar nantinya seluruh hasil produksi dalam negeri dapat mandiri secara utuh.

Baca juga : GrabProtect di Bogor, Bekasi, dan Karawang Resmi Beroperasi

Kelebihan utama dari Maung adalah diciptakan sebagai kendaraan taktis yang ringan dan praktis. Namun demikian, dari segi kehandalan, mobil tersebut ampuh digunakan menjelajah di medan non-aspal atau offroad serta Maung juga tetap prima prima dioperasikan di ruas jalan aspal dan mampu bermanuver dengan baik.

Diketahui Maung memiliki kecepatan aman 120 km/jam, transmisi manual 6 speed dan mampu menjangkau jarak tempuh hingga 800 km.

Maung dapat dilengkapi dengan braket senjata 7,62 mm, konsol SS2-V4, perangkat GPS navigasi dan tracker kendaraan serta perlengkapan lainnya.

Pengujian Maung merupakan tindak lanjut diskusi antara Menteri Pertahanan RI dengan Direktur Utama PT Pindad (Persero) pada Jumat (10/07/2020) di Sesko TNI, Bandung.

Pada diskusi tersebut, Menhan tertarik untuk menguji Maung yang dipamerkan bersamaan dengan Ventilator yang akan diproduksi Pindad.

 

(Denny)

Share :

Mitsubishi Fuso Hadirkan 2 Unit Truk Konsep Multiguna

MFTBC memamerkan truk konsep ECanter SensorCollect dan Canter Athena di Fuso Future Solutions Lab, Kawasaki, Jepang pada Kamis (30/7/2020) lalu.

Read More
Truk Hidrogen Hyundai Raih Penghargaan Future Mobility of the Year 2020

Truk heavy duty Hyundai berbahan bakar sel (fuel cell) bertenaga hidrogen, HDC-6 Neptune sukses meraih penghargaan FMOTY 2020.

Read More
Penjualan Bus dan Truk United Tractors Merosot Imbas Pandemi

PT United Tractors Tbk (UT) mengumumkan laporan keuangan konsolidasian untuk semester pertama tahun 2020

Read More