Jakarta, MobilKomersial.com - Dua sekolah sains di Inggris, Ardingly Collge dan Ifield Community College berhasil menciptakan kendaraan bertenaga surya yang bernama Ardingly Solar.

Badan industri otomotif profesional (IMI) memberikan keahlian teknis untuk proyek inovatif tersebut dengan rencana perjalanan ambisius yang direncanakan untuk tahun 2021 mendatang.

Melansir theimi.org.uk, mobil Ardingly Solar ciptaan kedua universitas itu pernah bersaing dalam ajang Bridgestone World Challenge di Australia 2019 lalu, hingga balapan keliling Prancis dan Belgia dalam balapan ketahanan solar.

Mobil Ardingly Solar mengilustrasikan meningkatnya bakat mahasiswa yang bisa dibilang capaian itu sering melebihi keahlian universitas terkemuka dunia dan berbagai perusahaan terkemuka yang memiliki aset jutaan poundsterling.

Di bawah bimbingan Dr Andrew Spires MBE, Manajer Proyek Ardingly Solar Car, dan dengan bantuan perusahaan sukarela, guru dan individu termasuk perwakilan anggota IMI regional, Douglas Wragg dan Mike Reed, para siswa dari Ardingly College dan Ifield Community College telah menorehkan tinta emas di dunia inovasi otomotif. 

Baca juga : Toyota Corolla Cross Rilis di Thailand, Kapan Masuk Indonesia?

Jauh sebelum adanya pandemi COVID-19, siswa dari kedua sekolah itu bekerja bersama pada malam hari dan akhir pekan untuk menciptakan kendaraan bertenaga surya yang telah melaju di seluruh dunia.

Dan dengan adanya pandemi juga adanya pemberlakuan lockdown, para siswa telah bekerja dari jarak jauh tetapi bersama-sama untuk membuat proyek baru yang menarik yaitu Flat Pack Car. 

Menggunakan ide dan ilmu pengetahuan yang dikumpulkan sejak mobil surya pertama dibangun pada 2015, para siswa memutuskan untuk membuat proyek baru yang mencerminkan beberapa masalah yang mereka miliki di dunia modern.

Hal itu sekaligus mendidik dan menangani masalah-masalah dunia nyata. "Kami ingin membuat sesuatu yang dapat dibangun oleh siapa saja, serbaguna, kuat, dan terjangkau,” jelas Joshua Skeggs dari perwakilan Ifield Community College.

Idenya adalah membuat kendaraan bertenaga surya yang dapat dikemas rata ke lokasi dan dirakit dengan mudah.

Itu harus modular dan sederhana dalam desain dengan kemampuan untuk menggunakan sumber daya lokal dan dapat digunakan sebagai sumber daya off-grid untuk daerah-daerah terpencil.

Share :

Penjualan Suzuki XL7 Naik 107 Persen, Tengok Tipe dan Warna Terlarisnya

Suzuki XL7 sendiri meluncur pada Februari 2020 silam yang disebut memiliki kabin lega.

Read More
MG Motor Indonesia Siap Luncurkan MG HS, Pesaing CR-V dan CX-5

Sport Utility Vehicle (SUV) ini akan resmi diperkenalkan pada Kamis, 13 Agustus 2020.

Read More
Masuk Semester 2, Honda Indonesia Bukukan Penjualan Positif

Memasuki semester kedua tahun 2020, penjualan Honda di Indonesia kembali terlihat tren positif di tengah masa transisi menuju normal baru, setelah di bulan sebelumnya, Honda juga mencatat penjualan yang cukup baik

Read More