Jakarta, MobilKomersial.com - Setelah anjlok selama masa pandemi Covid-19, pasar otomotif di Indonesia kini mulai merangkak naik menunjukkan tren positif.

Hal itu terbukti dengan pencapaian Honda sepanjang Juni 2020 yang mencatatkan penjualan sebanyak 2.488 unit di Indonesia, meningkat 93% dibanding penjualan Mei 2020 lalu.

All new Honda Brio yang diluncurkan tahun 2018 lalu menjadi penyumbang terbesar penjualan Honda selama Juni 2020 sebanyak 1.314 unit dengan persentase hingga 52% dari total penjualan seluruh model Honda.

"Kontribusi terbesar datang dari first time buyer (pembeli mobil pertama) di segmen LCGC yakni Honda Brio, yang didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan kredit," ujar Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor dalam diskusi virtual, Kamis (9/7).

Baca juga : Penjualan Honda Berangsur Naik, All New Brio Masih Jadi Unggulan

Menurut Billy, konsumen all new Honda Brio memiliki karakter tersendiri. "Sampai saat ini, komposisi penjualan RS sebesar 53 persen hampir 54 persen dan Satya 30 persen," tukasnya.

Ia menambahkan, meski transmisi manual dianggap kurang praktis dibanding otomatis, pada kenyataannya rasio penjualan Honda Brio bertransmisi manual dan otomatis saat ini lebih besar.

"Pasar city car meningkat iya benar, terutama untuk transmisi manual dan first time buyer itu tinggi kontribusinya 60%, dimana tadinya matic. Terus terang kehidupan normal baru sudah di depan, jadi orang yang tidak mau naik kendaraan umum sekarang terjaring semua membeli mobil," ungkap Billy.

Simak juga : Catat. Akhir Pekan Ini Honda Racing Simulator Championship Bakal Digelar

Untuk kontribusi Brio sendiri, Billy mengakui selalu di atas 50% dengan kontribusi persentase kredit dan cash itu 50:50.

Faktor ekonomi dan pasar mulai bergerak, jadi kalau kita lihat kontribusi penjualan kredit dengan cash itu di Honda 50:50, di daerah seperti Sulawesi cash lebih besar," imbuhnya.

Hadir dalam 5 varian, all new Honda Brio ditawarkan dengan harga mulai dari   Rp 148,4 juta varian all new Brio Satya S MT  dan varian tertingginya, all new Honda Brio RS CVT, dijual seharga Rp 202,2 juta.

Share :

Ekspor Mobil Suzuki pada Juli 2020 Naik 329 Persen

Suzuki XL7 menyumbang sebanyak 2.694 unit atau 54% dari total volume ekspor Suzuki disusul All New Ertiga.

Read More
Jaga  Kedekatan Konsumen, Diler-diler Mitsubishi Gelar Customer Gathering Virtual

Berbagai diler Mitsubishi mengadakan beragam inovasi dan cara baru untuk menjaga hubungan dengan konsumen loyal dan mengeksplor segemen potensial.

Read More
Muncul Dugaan AHM Monopoli Oli, PERDIPPI Ajak Masyarakat Kawal KPPU

Perhimpunan Distributor, Importir, dan Produsen Pelumas Indonesia (PERDIPPI) mengajak masyarakat untuk mengawal persidangan yang dilakukan oleh Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang telah berlangsung pada Selasa (11/08/2020), dengan kasus dugaan ti

Read More