Jakarta, MobilKomersial.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) secara bertahap telah menyelesaikan pembangunan seluruh ruas jalan tol Pandaan - Malang sepanjang 38,48 km. Pembangunan Tol Pandaan-Malang dinilai berhasil memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahap perancangan, pembangunan, pengoperasian, hingga tahap pemeliharaan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menekankan, dalam peningkatan pelayanan jalan tol, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) juga didorong untuk meningkatkan kualitas layanan jalan tol secara berkelanjutan, karena kebutuhan dan ekspektasi publik yang semakin tinggi.

"Kami menyakini dengan lingkungan jalan tol yang lebih baik akan berkontribusi terhadap kenyamanan dan keselamatan dalam mengemudi di jalan tol, khususnya tidak hanya jalannya tetapi juga rest areanya,” kata Menteri Basuki.

Jalan Tol Pandaan - Malang yang dikelola oleh BUJT PT Jasamarga Pandaan Malang telah sukses menerima Sertifikat Green Toll Road Indonesia, dengan level Gold plus.

 

Baca juga : Tol Desari Seksi 2 Brigif – Sawangan Resmi Dibuka Secara Gratis

Proses sertifikasi Green Toll Road Indonesia dilakukan oleh Green Infrastucture and Facilities Indonesia, yang merupakan sub divisi Green Product Council Indonesia (GPCI), organisasi nirlaba di bawah naungan Global Ecolabel Network (GEN).

Tol Pandaan-Malang yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang memiliki pemandangan alam yang indah di sisi kanan dan kiri, terutama di rest areanya yang berhadapan langsung dengan Gunung Bromo dan Semeru di sisi timur ruas tol jika dari arah Malang, Gunung Arjuno di sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, Gunung Panderman di Kota Batu dan ditambah Gunung Penanggungan di wilayah Pandaan.

Sebelumnya Kementerian PUPR telah menyetujui pengoperasian ruas Tol Pandaan-Malang seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,1 km. Tol Pandaan-Malang secara keseluruhan memiliki lima seksi sepanjang 38,48 km yakni Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,4 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km dan Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,1 km. Selanjutnya Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,7 km dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,1 km.

Jalan Tol Pandaan-Malang akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang. Kehadiran ruas Tol akan bisa mempercepat perjalanan dari Surabaya menuju Malang dan sekitarnya. 

“Selain itu, ruas tol ini juga diharapkan dapat semakin menunjang sektor pariwisata diseperti kawasan wisata dan Taman Safari Prigen, Kebun Teh Wonosari, Candi Singosari dan kawasan wisata Batu,” tutup Basuki.

 

(Denny)

Share :

Perbaikan Tol Jakarta – Cikampek Dilanjutkan, Waspada Skema Buka Tutup Diberlakukan

Demi terciptanya kenyamanan bagi para pengendara saat melintas di tol dan juga meningkatkan kualitas jalan tol, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) akan kembali melakukan pekerjaan rekonstruksi rigid pavement pada Ruas Jalan Tol Jakarta-C

Read More
Tiga Mobil Honda Raih Poin di Seri Formula 1 Grand Prix Britania Raya

Tiga mobil Formula 1 Honda sukses meraih poin di ajang balap Grand Prix Britania Raya, pada Minggu (02/08/2020) lalu

Read More
Bluebird Bagikan Ribuan Masker kepada Anak Anak Indonesia

Melalui kampanye ini, setiap satu karya desain yang di-upload ke media sosial sama dengan donasi 10 masker dari Bluebird kepada anak-anak Indonesia yang membutuhkan.

Read More