Jakarta, MobilKomersial.com - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai melakukan uji coba bus listrik EV1 rute Balai Kota - Blok M pada hari ini, Senin (6/7/2020).

Sebanyak dua unit bus listrik dengan merek BYD itu, diuji coba mengangkut penumpang secara gratis selama tiga bulan ke depan, namun tetap diwajibkan melakukan Tap On Bus (TOB)kartu elektronik di dalam bus.

"Pada masa prauji coba, bus listrik hanya dioperasikan dengan mengangkut galon air dan angkut warga di tempat-tempat wisata saja," ucap Nadia Diposanjoyo, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas Transjakarta dalam keterangan resminya.

Sejak masa pra uji coba tahun 2019 lalu, tercatat sudah ada 13 ribu masyarakat yang sudah mencoba bus buatan cina ini.

Kedua bus yang diimpor oleh PT Bakrie Autoparts sebagai agen dari merek tersebut di Indonesia ini memiliki spesifikasi berbeda, satu unit merupakan bus single low entry tipe K9, sedangkan satu lainnya adalah bus medium tipe C6.

Baca juga : Hari Ini TransJakarta Kembali Operasikan 107 Rute Tambahan, Berikut Daftarnya

Bus listrik BYD yang digunakan TransJakarta menggunakan baterai yang diklaim mampu menempuh jarak hingga 250 kilometer sebelum baterainya diisi ulang dengan durasi pengecasan kurang dari 4 jam setiap harinya.

Sementara untuk kapasitasnya, bus medium memiliki 11 tempat duduk dan tidak ada untuk orang yang berdiri dan 25 tempat duduk untuk bus tipe K9.

Adapun layanan bus listrik Transjakarta akan beroperasi setiap hari mulai pukul 10.00 - 20.00 dengan headway atau rentang waktu keberangkatan setiap 45 menit sekali dan berhenti di halet-halte non BRT sepanjang rute uji coba.

Dalam masa ujicoba selama 3 bulan, TransJakarta masih mengacu pada protokol Covid-19 dan juga telah dicuci plus disemprot disinfektan, serta menyediakan hand sanitizer di dalam kabin.

Bus listrik ini juga sesuai dengan cita-cita Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menjadikan konsep 'Green City', karena bus tidak mengeluarkan polusi, biaya perawatan lebih murah dan baterai bisa tahan lama.

Share :

Lagi Tren, Bus UHD Milik Universitas Muhammadiyah Jember Jadi Cafe Berjalan

Universitas Muhammadiyah Jember merilis unit bus terbarunya dengan bodi Jetbus 3 UHD produksi Karoseri Adiputro

Read More
Kurangi Kepadatan Penumpang KRL, Perum PPD Uji Coba Bus Trayek Bogor - Jakarta

Pengoperasian bus JRC yang dimulai pada Selasa (4/8) kemarin itu untuk menambah akses transportasi dari Bogor ke Jakarta dan untuk mengurangi kepadatan penumpang kereta rel listrik (KRL).

Read More
BNI Hibahkan 1 Unit Bus kepada Universitas Sebelas Maret Solo

Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Jawa Tengah dapat hibah satu unit bus dari PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk untuk kendaraan operasional.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler