Jakarta, MobilKomersial.com - Bagi pemilik kendaraan, merawat dan membersihkan kendaraan merupakan hal wajib untuk dilakukan, guna mendapat performa terbaik saat berkendara.

Membersihkan ruang bakar mesin, bisa jadi salah satu bentuk perawatan kendaraan yang wajib dilakukan, agar mesin kembali optimal.

Banyak produk pembersih ruang bakar mesin yang beredar, dan banyak pula teknik membersihkan ruang bakar mesin yang dapat diaplikasikan.

Banyak bengkel-bengkel mengaplikasikan metode sedot atau suction, dan menggunakan cairan atau liquid yang bersifat keras, guna membersihkan mesin dari kerak yang menumpuk. Namun ternyata hal tersebut tidak direkomendasikan.

Baca juga : Penyebab Kendaraan Kurang Bertenaga dan Boros BBM, Ternyata Ini Penjelasannya

CEO Wealthy Group, Arief Hidayat melalui virtual conference pada Jumat (26/06/2020) lalu menjelaskan, salah satu teknik membersihkan ruang bakar kendaraan yang direkomendasikan adalah decarbonizing.

Hal tersebut dikarenakan, aplikasi liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin dan dapat merusak klep.

"Banyak yang salah kaprah tentang aplikasi carbon clean ke ruang bakar, dalam jangka panjang, liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin,” ujar Arief.

Simak juga : Jangan Asal, Begini Memilih Wiper dan Cara Merawatnya

Dirinya menjelaskan, Decarbonizing sendiri berfungsi untuk menghilangkan kotoran maupun kerak didalam ruang bakar dengan membuangnya lewat saluran CO2 atau exhaust system. Salah satu produk yang direkomendasikan untuk decarbonizing adalah Injector Cleaner dari Wealthy.

"Saya jamin 100 persen performa kendaraan langsung membaik, karena bisa disemprot langsung ke throttle body, bisa untuk injeksi dan karburator, karburator prosesnya lebih singkat dan cepat terasa hasilnya," ujar Arief.

Ia juga kemudian menjelaskan, jika cairan yang terkandung dalam komposisi Decarbonizing dijamin aman dan sesuai takaran komposisi. "Cairan yang dimaksud diantaranya adalah xylene, deterjen, metanol dan bahan bakar oktan tinggi," pungkasnya.

Komposisi tersebut diklaim aman untuk masuk dan membersihkan ruang bakar dengan takaran yang sudah ditentukan.

 

(Denny)

Share :

Kiat Berkendara Aman saat Melewati Jalan Menanjak

Saat berkendara di jalanan menanjak, ada risiko kecelakaan yang cukup tinggi lantaran gagal menanjak sehingga turun kembali.

Read More
Tips Aman Berkendara Jarak Jauh

Pengguna jalan dianjurkan untuk mengecek rute perjalanan terlebih dahulu sebelum memulai perjalanan.

Read More
Tips Berkendara Hadapi Aquaplaning saat Hujan

Ketika berkendara saat turun hujan, yang harus dilakukan adalah mengurangi kecepatan.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler