Jakarta, MobilKomersial.com - Honda Motor Europe Ltd. berencana mengaplikasikan mesin hybrid, yang diadopsi dari teknologi mobil balap, untuk model terbaru All New Honda Jazz, yang akan diluncurkan akhir tahun ini. 

Mesin hybrid tersebut rencananya akan diberi nama e:HEV dan dikembangan dengan Hybrid Power Unit (PU) kedalam sistem hybrid terbarunya. Mesin terbaru dari Honda Formula 1, bernama RA620H, menggunakan mesin 1.600 cc dengan enam silinder dan internal combustion engine, serta dikombinasikan dengan Energy Recovery System. 

Head of PU Development Yasuaki Asaki menjelaskan, di sepanjang balap Formula 1, pihaknya telah mengukur berapa banyak bensin yang dikonsumsi, agar dapat mengikuti ketentuan dari penyelenggara balap. Namun, ada beberapa situasi yang membuatnya berharap dapat menggunakan lebih banyak bahan bakar untuk meningkatkan performa, atau situasi sebaliknya dimana ingin menghemat lebih banyak bahan bakar. 

“Di mesin e:HEV yang kami rancang, kami mengaplikasikan pengalaman dari ajang balap untuk memastikan mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang besar, dengan rasio efisiensi bahan bakar terbaik pada mode berkendara apapun,” ujar Yasuaki.

Baca juga : Gelar Simulator Balap Perdana di Indonesia, Honda Siapkan Hadiah Total Rp 65 Juta

Yasuaki juga menjelaskan, sistem hybrid yang ada memungkinkan energi untuk didaur ulang dari pengereman dan gas buang, guna memberikan tenaga tambahan yang dapat menambah kecepatan mobil dan mengurangi gejala lag atau kurang responsif pada kendaraan. 

Diketahui mesin tersebut akan terdiri dari dua buah komponen motor elektrik yang terhubung dengan mesin 1.5L DOHC i-VTEC, sebuah baterai lithium-ion, dan sebuah transmisi fixed-gear melalui intelligent power control unit yang bekerja secara berkesinambungan untuk memberikan respon yang cepat dan halus. 

“Nantinya, sistem canggih e:HEV hybrid akan mengatur pergantian secara otomatis diantara tiga mode. Yakni EV Drive, dimana baterai lithium-ion akan menyalurkan energi listrik ke motor penggerak secara langsung,” tutur Yasuaki

Dibandingkan penggunaan transmisi konvensional, All New Honda Jazz kini dilengkapi transmisi Electronically Controlled Continuously Variable Transmission (eCVT), dengan single-fixed gear, untuk menciptakan koneksi secara langsung diantara beberapa komponen. Hal ini menghasilkan torsi yang halus dan responsif saat berakselerasi di semua mode berkendara.

 

(Denny)

Share :

Dibanderol Mulai dari Rp 96 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkap Kawasaki Ninja ZX-25R

Spesifikasi yang ditawarkan oleh Kawasaki Ninja ZX-25R tidak main-main

Read More
Dua Universitas di Inggris Ciptakan Mobil Bertenaga Surya 'Ardingly Solar'

Ardingly Solar ciptaan kedua universitas itu pernah bersaing dalam ajang Bridgestone World Challenge di Australia 2019 lalu, hingga balapan keliling Prancis dan Belgia.

Read More
MMKSI Tawarkan Penyemprotan Disinfektan Gratis Bagi Pemilik Mobil Mitsubishi

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengadakan

Read More