Jakarta, MobilKomersial.com - Dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19, PT Transjakarta sempat menghentikan layanan shuttle bus gratis. Namun memasuki masa new normal, Transjakarta akhirnya kembali mengoperasikan dua rute layanan gratis shuttle bus dari dan menuju museum di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo mengatakan, kedua rute tersebut yakni, GR 4 (Taman Kota Intan - Museum Bahari) dan GR 5 (Kota Tua Explorer), yang beroperasi setiap hari mulai pukul 09.00 - 17.00 WIB.

"Kami menyiapkan empat unit armada minitrans dengan kapasitas 15 orang per bus dan dua unit metrotrans low entry (pijakan rendah ramah disabilitas) dengan kapasitas 30 orang per bus, dengan waktu keberangkatan 10 sampai 20 menit" ujar Nadia.

Meski gratis, namun warga yang hendak mengakses layanan tersebut tetap harus melakukan tap on bus (TOB) menggunakan kartu uang elektronik, yang dikeluarkan oleh bank-bank terkemuka di Indonesia dengan tarif nol rupiah.

Adapun rute perjalanan layanan gratis shuttle Kota Tua adalah Kota Intan - Museum Bahari 2 - Simpang Pakin 2 - Simpang Pakin 3 - SPBU Gedong Panjang - Gedong Panjang 2 - BRI Jakarta Kota - Simpang Kota Roa Malaka - Jembatan Kota Intan - Kota Intan (Rute Shuttle GR4).

Lalu protokol pemberlakuan perlindungan diri bagi karyawan dan pelanggan, dengan wajib masker dan jarak aman dalam mengantre, maupun duduk di dalam bus.

"Petugas tidak akan mengizinkan pelanggan, dengan suhu tubuh di atas 37 derajat celcius masuk ke dalam bus," pungkas Nadia.

 

(Denny)

Share :

Penasaran dengan Spion Elektrik Bus Baru PO ANS, Segini Harganya

PO ANS menjadi PO pertama yang memiliki bus dengan spion elektrik

Read More
Bus RoyalTrans Kembali Beroperasi, Calon Penumpang Harus Booking Kursi H-1

Layanan bus premium Royaltrans ini mulai beroperasi pada Selasa, 14 Juli 2020 dan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Tijeku.

Read More
Bantu Kurangi Kepadatan, Damri Sediakan Bus Bantuan Rute Bogor ke Jakarta

Damri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk melayani Bus Bantuan dari Bogor (Botani Square) menuju Jakarta (Stasiun Juanda & Dukuh Atas)

Read More