Jakarta, MobilKomersial.com - Tiga unit bus otonom prototipe tengah diuji coba di jalanan lima kota di Eropa.

Uji coba ini menandai fase pengujian lapangan proyek FABULOS (Future Automated Bus Urban Level Operation System), yang bertujuan untuk mempercepat pengenalan jenis baru solusi jarak jauh otomatis di Eropa. 

Dikutip dari laman thenextweb.com, Sabtu (20/6/2020), proyek ini berfokus pada pengelolaan armada otonom sebagai bagian dari sistem transportasi umum.

Uji coba sudah dimulai di Helsinki, Finlandia, dan bulan ini akan diuji coba di Gjesdal (Norwegia) dan Tallinn (Estonia), tergantung pada pembatasan COVID-19.

Baca juga : Mata Trans Luncurkan Bus dengan Konsep Cafe, Sruput Kopi Sambil Lihat Keindahan Kota Solo

Kemudian akan diikuti oleh Kota Lamia (Yunani), Helmond (Belanda) dan kembali ekspansi di Gjesdal saat musim gugur nanti.

Masing-masing dari tiga pemasok - Sensible4-Shotl, Saga dan Mobile Civitatem - telah menerima hingga € 1 juta untuk mengemudikan bus otonom mereka di dua kota.

Uji coba lapangan 50 hari akan menilai fungsionalitas, interoperabilitas, dan keamanan armada otonom.

Bus otonom FABULOS pertama diluncurkan pada bulan April di Helsinki. Tiga unit armada tanpa kemudi melaju di sepanjang rute melingkar, mulai dari Stasiun Kereta Api Pasila yang sibuk, dengan kecepatan hingga 40 km / jam. 

Share :

Penasaran dengan Spion Elektrik Bus Baru PO ANS, Segini Harganya

PO ANS menjadi PO pertama yang memiliki bus dengan spion elektrik

Read More
Bus RoyalTrans Kembali Beroperasi, Calon Penumpang Harus Booking Kursi H-1

Layanan bus premium Royaltrans ini mulai beroperasi pada Selasa, 14 Juli 2020 dan pemesanan tiket dapat dilakukan melalui aplikasi Tijeku.

Read More
Bantu Kurangi Kepadatan, Damri Sediakan Bus Bantuan Rute Bogor ke Jakarta

Damri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk melayani Bus Bantuan dari Bogor (Botani Square) menuju Jakarta (Stasiun Juanda & Dukuh Atas)

Read More