Jakarta, MobilKomersial.com - Meningkatnya pengguna sepeda di masa new normal, membuat jalur sepeda yang dibuat di sejumlah jalan utama di DKI Jakarta dipadati pesepeda. Untuk menghindari terjadinya kesemrawutan dan kecelakaan, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta memutuskan untuk mengatur penggunaan jalur sepeda. 

Aturan tersebut berupa jam operasional jalur sepeda sementara (pop up bike lane) Sudirman-Thamrin, berdasarkan jam pada pagi hari dan sore hari. Serta juga sanksi bagi pesepeda yang melanggar dan keluar dari jalur sepeda. Sanksi tersebut berupa tilang.

“Jalur sepeda ini akan kita gelar pada pagi hari dan sore hari,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat meninjau jalur sepeda di depan fX Sudirman, Jakarta, dilansir dari NTMC Polri.

Pengaturan jalur sepeda secara detail, dibagi pada Senin-Jumat pagi hari pukul 06.00-08.00 WIB dan sore hari pukul 16.00-18.00 WIB. Untuk Sabtu pagi pukul 06.00-10.00 WIB dan sore pukul 16.00-19.00 WIB.

Baca juga : Beroperasi di New Normal, Gojek Hadirkan Standar Keamanan Tinggi

Sedangkan pada Minggu pagi harinya disesuaikan dengan car free day, sedangkan sore hari pada pukul 16.00-19.00 WIB. Pada rentang waktu setelah jam operasional, jalanan akan dimaksimalkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

“Nah, di sela-sela jam itu, maka cone-conenya kemudian dipinggirkan, terutama di hari kerja, karena arus lalin masih cukup deras,” tambahnya.

Dengan adanya pengaturan jam operasional jalur sepeda ini, diharapkan pengguna sepeda dapat memanfaatkannya dengan baik, sehingga diharapkan pengguna sepeda tidak mengambil jalur di luar jalur sepeda.

Share :

SPBU Shell Bagi-bagi Bensin Gratis! Begini Caranya

Melalui program

Read More
Perhatikan Aspek Lingkungan, Tol Pandaan-Malang Raih Sertifikat Green Toll Road Indonesia

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dinilai berhasil memperhatikan aspek kelestarian lingkungan dan berkelanjutan sejak tahap perancangan, pembangunan, pengoperasian, hingga tahap pemeliharaan

Read More
Sambut New Normal, Diler-diler Mitsubishi Terapkan Protokol Kesehatan

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales (MMKSI) mengadaptasi protokol kesehatan di seluruh diler resmi kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi.

Read More