Jakarta, MobilKomersial.com - Memasuki masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi di DKI Jakarta, beberapa peraturan baru diterapkan, salah satunya aturan berkendara.

Nah, untuk menerapkannya, Suzuki Indonesia memberikan kiat untuk merawat dan mempersiapkan kendaraan yang akan digunakan setelah di parkir dalam waktu yang lama.

Imam Suyudi, Section Head Technical Service 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengatakan, pelanggan Suzuki sebaiknya mengecek bagian-bagian penting kendaraan sebelum digunakan untuk beraktivitas kembali.

"Setelah lama didiamkan, ada beberapa bagian kendaraan yang harus dicek kembali oleh pengguna, seperti ban, rem, kebersihan, serta mesin dan kelistrikan," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/6/2020).

Ia menjelaskan, ketika lama terparkir dan tidak digunakan, hal pertama yang harus diperiksa adalah kondisi ban yang berisiko tinggi mengalami flat tire.

"Flat tire adalah keadaan dimana ban kehilangan volumenya sehingga menjadi kempis. Pastikan seluruh ban memiliki tekanan angin yang cukup dan sesuai standar sehingga aman selama berkendara,' sambung Imam.

Baca juga : Tips Mudah Memeriksa Kondisi Kesehatan Mobil di Masa PSBB

Untuk pemilik kendaraan Suzuki yang masih harus beraktivitas di rumah, ada beberapa kiat merawat ban saat terparkir dalam jangka waktu yang cukup lama, di antaranya:

1. Periksa dan tambahkan tekanan angin 10-20% dari spesifikasi tekanan angin ban. Jika kendaraan akan digunakan kembali, ubah tekanan angin sesuai spesifikasi. 

2. Pastikan tidak ada benda keras/kerikil yang menempel pada kembang ban.

3. Rutin mendorong/memindahkan kendaraan beberapa senti untuk menghindari ban bertumpu pada satu titik (flat spot). Jika tidak memungkinkan untuk didorong, dongkrak keempat roda dan tahan menggunakan Jackstand. 

4.Usahakan jangan terkena sinar matahari langsung dan gunakan semir ban untuk mencegah adanya guratan pada ban (ozon crack). 

Share :

Jangan Beli Mobil Bekas yang Berumur Lebih dari 7 Tahun, Ini Alasannya

Mobil bekas saat ini bisa menjadi alternatif masyarakat yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki mobil.

Read More
Mobil Tidak Pernah Menyala di Rumah Saja, Perlukah Diganti Oli Mesinnya?

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan apalagi tidak pernah dinyalakan sama sekali akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter.

Read More
Jangan Sembarangan Bersihkan Ruang Bakar, Ini yang Baik Bagi Mesin Kendaraan

Banyak yang salah kaprah tentang aplikasi carbon clean ke ruang bakar, dalam jangka panjang, liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin

Read More