Jakarta, MobilKomersial.com - Sistem pendinginan atau dikenal dengan radiator adalah komponen yang penting pada mobil. Jika mesin mobil yang cepat panas atau overheat karena sering digunakan dapat berakibat buruk pada mesin.

Kendati begitu, bagi sebagian pengguna mobil masih banyak yang belum memahami apakah radiator cukup diisi dengan air biasa atau dengan cairan coolant.

Dijelaskan Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa (Wealthy Group), istilah coolant itu untuk mobil yang radiatornya terawat atau tidak terawat. Bukannya untuk mobil baru atau yang lawas.

"Fungsi sebenarnya dari sebuah radiator coolant adalah anti-freeze atau mencegah agar sistem pendinginan tidak beku. Bukan masalah baik atau tidak sebuah radiator coolant itu untuk mendinginkan mesin. Jadi yang pertama harus dilihat dulu kondisi radiator," ungkapnya dalam diskusi virtual belum lama ini.

Baca juga : Mobil di Garasi Saja, Rawat Interiornya Pakai Formula Ini

Ia menambahkan, di negara yang memiliki 4 musim, hal tersebut (coolant) memang sangat dibutuhkan agar 'cold start' mesin lancar dan mesin dapat langsung bekerja optimal.

Namun, lanjut dia, di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia, hal tersebut relatif tidak terlalu berpengaruh signifikan, karena sebenarnya yang perlu diperhatikan bukanlah seberapa mahal untuk jadi jaminan bahwa radiator coolant itu bagus, namun apakah sistem pendinginan kita seluruhnya sudah baik atau belum. 

"Contohnya, klem atau clamp untuk penjepit slang radiator juga harus dipilih yang tepat, beberapa klem bahkan bisa berpotensi memotong selang radiator hingga menyebabkan bocor," pungkas pria yang berkantor di Daan Mogot Jakarta Barat ini.

Menurutnya, untuk iklim seperti Indonesia ini, cocoknya menggunakan sedikit saja campuran antara radiator coolant yang dikombinasikan dengan air distilasi (air suling) atau dystilled water. 

"Radiator coolant juga harus menunjukkan angka 7 atau berada di tengah, tidak terlalu asam dan tidak mengandung alkaline yang justru menimbulkan karat maupun endapan kotoran," terangnya.

Soal kombinasi, Arief bilang perbandingan antara air suling dengan radiator coolant di sekitar 70 persen banding 30 persen atau 80 persen banding 20 persen.

Share :

Astra Peugeot Gelar Bazaar Online Parts, Diskonnya Lebih dari 90 Persen

Astra Peugeot memberikan kemudahan dalam mencari spare part, dengan menggelar Bazaar Diskon Online Parts

Read More
Mengenal Lampu Kendaraan Halogen, HID dan LED, Mana yang Paling Baik?

Kini fungsi lampu bukan hanya sekadar penearang saja, tetapi telah berkembang menjadi aksesoris yang mempercantik penampilan kendaraan.

Read More
Rawat Kendaraan Saat New Normal? Cukup Order Kebutuhan Otomotif Lewat Online

Wealthy juga memudahkan konsumen yang ingin merawat kendaraan di rumah dengan mudah dan simpel.

Read More