Jakarta, MobilKomersial.com - Setelah sekian lama melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), pemerintah berencana akan melakukan relaksasi sosial yang disebut sebagai Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal. 

AKB atau New Normal memberikan ruang pada masyarakat untuk memulai aktivitas seperti biasa namun disertai protokol kesehatan yang ketat.

Di lain pihak, kebanyakan mobil sudah lama parkir di rumah mengikuti imbauan #DiRumahAja mungkin saja tidak bisa langsung dipakai saat kondisi New Normal mulai dijalankan. 

Ada beberapa rangkaian pengecekan harus dilakukan oleh Anda untuk memastikan kendaraan siap beroperasi. Apa saja? simak pemaparannya di bawah ini:

Pemeriksaan Sebelum Mesin Dinyalakan

Pengecekan awal tentunya pada tekanan angin ban. Jangan sampai kurang karena akan membahayakan saat dipakai. Termasuk memeriksa kondisi ban serep. Pastikan pula tidak ada penghalang di kolong mobil yang bisa mengganggu seperti ganjal ban, tetesan oli, atau bahkan binatang seperti kucing yang tidur, termasuk potensi ada binatang di kolong spatbor dan ruang mesin lantaran mobil tidak pernah dijalankan.

Baca juga : Jelang New Normal, Simak Tips Berkendara Aman Bersama Keluarga

Buka kap mesin dan periksa ketinggian oli mesin lewat dipstick. Pastikan ketinggian oli mesin berada di antara high dan low. Perhatikan pula warna dari oli mesin, bila warnanya berubah seperti kopi susu, segera ganti karena ada risiko terkontaminasi oleh air. Walaupun mobil tidak dipakai, namun AutoFamily harus tetap mengganti oli mesin sesuai waktu yang ditentukan oleh buku pedoman service.

Lakukan pula pengecekan pada cairan lain seperti air radiator, washer wiper, minyak rem, dan air aki. Pastikan kecukupan cairan tersebut dan tidak ada kebocoran yang bisa menimbulkan masalah. Periksa kondisi terminal aki, sambungan dan jalur kabel karena ada risiko digigit tikus saat dibiarkan di dalam garasi, lanjut kekencangan fan belt untuk menjamin semua dapat beroperasi dengan baik saat dipakai.

Share :

Tips Merawat Kelistrikan Mobil Eropa versi Peugeot

Jika engine mendadak sulit dinyalakan, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai

Read More
Jangan Beli Mobil Bekas yang Berumur Lebih dari 7 Tahun, Ini Alasannya

Mobil bekas saat ini bisa menjadi alternatif masyarakat yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki mobil.

Read More
Mobil Tidak Pernah Menyala di Rumah Saja, Perlukah Diganti Oli Mesinnya?

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan apalagi tidak pernah dinyalakan sama sekali akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter.

Read More