Jakarta, MobilKomersial.com - Mobil hanya di parkir saja di garasi rumah karena situasi pandemi saat ini? Hati-hati karena Anda harus perhatikan juga apakah menyimpan barang-barang yang berbahaya di dalam mobil. 

Bisa saja Anda lupa karena sudah lama tidak menggunakan mobil mengingat saat ini semua orang diharuskan untuk #dirumahaja. 

Untuk itu, jika mobil dalam kondisi hanya parkir di garasi rumah apalagi dalam waktu yang cukup lama sebaiknya periksa lagi apakah ada barang-barang ini yang disimpan di kabin mobil. 

Pasalnya beberapa barang ini dapat menimbulkan risiko kerusakan pada kabin, bahkan keseluruhan bagian mobil.

Baca juga : Mobil Diam di Garasi, Ini Cara Merawat Aki Biar Tetap Optimal

Nah, untuk menghindari risiko tersebut, pastikan beberapa benda di bawah ini tidak Anda tinggalkan di dalam kabin ketika parkir dalam waktu yang cukup lama.

Powerbank dan alat elektronik

Di zaman sekarang kebanyakan orang pasti memiliki barang ini. Ya, powerbank atau alat penambah daya ini sudah seperti barang yang wajib dimiliki oleh masyarakat modern. Tujuannya tentu untuk menambah daya baterai smartphone atau alat elektronik lainnya. Namun, jangan tinggalkan powerbank di dalam mobil apalagi ada risiko terkena sinar matahari langsung.

Pasalnya powerbank yang disimpan di dalam kabin mobil ini dapat berbahaya ketika terkena panas berlebih. Powerbank atau alat elektronik lain yang terdapat baterai jenis lithium-ion dapat mengembang dan jika mencapai tingkatan panas tertentu bisa meledak. Pastikan untuk menurunkan powerbank dan alat elektronik lain ini dari dalam mobil ya.

Korek api gas

Ini adalah barang yang akrab dengan para perokok dan biasanya selalu ada di dalam mobil. Padahal benda yang satu ini sangat berbahaya jika ditinggal di mobil karena korek api gas ini bisa meledak jika terkena panas berlebih. Bahan bakar gas dengan wadah berbahan plastik jika terkena panas akan meningkatkan tekanan gas dan melelehkan plastiknya. 

Jika suhu dalam kabin mobil mencapai 38 derajat celcius, korek gas dapat meledak. Oleh karena itu, selalu pastikan korek api gas tidak Anda tinggal di dalam kabin mobil untuk menghindari risiko ini.

Simak juga : Tips Mudah Memeriksa Kondisi Kesehatan Mobil di Masa PSBB

Kacamata

Kacamata merupakan barang yang biasa ada di dalam mobil, terutama kacamata hitam. Tapi ternyata barang ini juga bisa berbahaya jika ditinggal di kabin mobil. Apalagi kalau Anda meletakkannya di atas dashboard mobil. Kacamata memiliki sifat yang sama dengan kaca pembesar di bagian tertentu yang dapat menciptakan titik api ketika terkena cahaya matahari.

Nah, titik api ini dapat menyambar ke bagian lainnya yang mudah terbakar, seperti bahan yang terbuat dari plastik atau karet dan tentunya sangat berbahaya. Lebih baik jika ada kacamata di mobil, Anda letakkan di tempat penyimpanan khusus kacamata ya. 

Botol minum plastik

Barang ini juga biasa ada di dalam kabin mobil dan selalu ditinggal ketika keluar dari mobil. Ternyata botol minum kemasan plastik ini bisa berbahaya jika berada di dalam kabin dan terkena sorot sinar matahari. Botol plastik ini akan menyerap panas yang diberikan oleh sinar matahari dan dalam waktu lama berbahaya bagi kesehatan karena terdapat dioksin yang dihasilkan dari botol tersebut. Sebaiknya segera keluarkan botol minum plastik Anda dari dalam mobil atau memang jika terpaksa letakkan di tempat yang tidak terkena matahari secara langsung.

Share :

Tips Merawat Kelistrikan Mobil Eropa versi Peugeot

Jika engine mendadak sulit dinyalakan, ada beberapa hal yang perlu diwaspadai

Read More
Jangan Beli Mobil Bekas yang Berumur Lebih dari 7 Tahun, Ini Alasannya

Mobil bekas saat ini bisa menjadi alternatif masyarakat yang memiliki budget pas-pasan namun ingin memiliki mobil.

Read More
Mobil Tidak Pernah Menyala di Rumah Saja, Perlukah Diganti Oli Mesinnya?

Tentunya jika mobil lama tidak digunakan apalagi tidak pernah dinyalakan sama sekali akan terjadi pengendapan oli mesin di bagian bak penampang oli atau carter.

Read More