Jakarta, MobilKomersial.com - Pada masa musim mudik lebaran, pemerintah menetapkan untuk melarang adanya kegiatan mudik, demi mencegah penyebaran covid-19 ke daerah tujuan pemudik. Meski demikian, tidak sedikit masyarakat yang masih nekat untuk melakukan mudik. Dan konsekuensinya, pada masa arus balik pemerintah kembali melakukan penyekatan, guna mencegah masyarakat yang terlanjur mudik, agar tidak kembali ke Jakarta atau Jabodetabek.

Walaupun begitu, pada hari kedua (H2) Lebaran hingga hari kedua sesudah Lebaran (H+2) Lebaran 2020, (25-27 Mei 2020) PT Jasa Marga (Persero) Tbk. mencatat total 171.046 kendaraan menuju Jakarta melalui arah Timur, arah Barat dan arah Selatan. Volume lalu lintas (lalin) yang menuju Jakarta ini memang turun 69%, dibandingkan dengan lalin periode yang sama di Lebaran tahun 2019. Hal tersebut menyusul larangan pemerintah untuk bepergian selama pandemi covid-19 masih melanda Indonesia.

Untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta sebesar 31,7% dari arah Timur, 34,2% dari arah Barat dan 34,1% dari arah Selatan. Adapun rinciannya sebagai berikut:

Arah Timur

Lalin menuju Jakarta dari arah timur merupakan kontribusi lalin dari dua Gerbang Tol (GT) pengganti GT Cikarang Utama, yaitu GT Cikampek Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Trans Jawa serta GT Kalihurip Utama untuk pengguna jalan yang meninggalkan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi dengan rincian distribusi lalin sebagai berikut:

- GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 30.645 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 49% dari Lebaran tahun 2019.

- GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 23.650 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 89% dari Lebaran tahun 2019.

Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur, turun sebesar 80% dibandingkan dengan lalin Lebaran tahun 2019.

Baca juga : Awas! Ancaman Hukuman Pidana Menanti Bagi Pemalsu SIKM

Arah Barat

Jasa Marga juga mencatat jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Cikupa tercatat sebanyak 58.426 kendaraan, turun sebesar 52% dari Lebaran tahun 2019.

Arah Selatan

Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta melalui GT Ciawi 2 tercatat sebesar 58.325 kendaraan, turun sebesar 63% dari Lebaran tahun 2019.

Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berpartisipasi aktif dalam mencegah penularan Covid-19, dengan tidak mudik dan tidak piknik di Lebaran Tahun 2020. Selain itu batasi perjalanan dan jaga jarak, keluar rumah hanya untuk keadaan yang mendesak serta wajib mengenakan masker jika harus beraktivitas di luar rumah.

 

(Denny)

Share :

Tol Desari Seksi 2 Brigif – Sawangan Resmi Dibuka Secara Gratis

Jalan Tol Desari (Depok-Antasari) Seksi 2 Brigif-Sawangan telah resmi beroperasi sejak Jumat (03/07/2020) lalu, dan masih belum dikenakan tarif selama dua minggu kedepan

Read More
Jasa Marga Kebut Pembangunan Tol JORR II Ruas Cengkareng-Batuceper-Kunciran dan Ruas Cinere-Serpong

PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dan PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) berkomitmen untuk mempercepat pembangunan dua ruas jalan tol yang masuk ke dalam jaringan Jalan Tol JORR II

Read More
Rifat Sungkar Sebut Menjadi Pembalap Reli Bisa Dimulai dari Anak-anak

Anda ingin anaknya menjadi pembalap reli menurut Rifat bisa dimulai dari ikut balapan di gokart. Karena gokart ini punya standar supaya bisa lancar mengendarai mobil balap lain seperti reli atau bahkan balapan single seater.

Read More