Jakarta, MobilKomersial.com - Wiper, komponen pada mobil sering kali terlupakan, karena kebanyakan hanya digunakan pada saat musim hujan.

Sementara pada musim kemarau, alat penyapu air pada kaca mobil ini jarang dipakai sehingga bisa bermasalah saat mau dipakai.

Masalah yang sering terjadi seperti getas atau mengeras sampai sapuan tak maksimal (rattling) dan juga retak (cracking).

Baca juga : Selain Bikin Kinclong, Cairan Wiper Ini Bisa Bersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Untuk mengatasi masalah itu, PT Welty Indah Perkasa, sebagai produsen aftermarket otomotif Wealthy, punya solusi untuk memilih part ini.

"Hal teknis untuk mengetahui wiper itu layak dipakai yang dijual di pasaran, salah satunya yang paling jelas adalah sesuai ukuran. Contohnya ukuran wiper kita 14 inci ya jangan beli yang 18 inci atau kadang bahasa yang diperhalus 'universal'," ucap Arief Hidayat, CEO PT Welty Indah Perkasa atau Wealthy Group dalam konferensi video virtual bersama media baru-baru ini.

Arief menjelaskan, kadang ada pedagang yang tidak mengerti atau 'nakal' dengan asal potong karetnya agar pendek dan bisa muat ukuran wiper mobil.

"Ada juga yang bongkar pasang karet wiper pakai yang padahal seharusnya pakai tangan biasa saja atau tanpa alat, kalau sudah terlihat indikasi seperti itu, tinggalkan saja bengkelnya," terangnya.

Simak juga : Musim Pancaroba, Perhatikan Kondisi Wiper Mobil Agar Bekerja Sempurna

Meski terlihat sepele, Arief menerangkan, memilih wiper yang benar adalah yang memiliki kriteria tertentu. 

"Contohnya ketebalan pelat seperti wiper claw itu harus minimal 1 mm. tekanan yang diberikan tiap sisinya pun harus sama, jadi tak ada yang lebih berat dan lebih ringan di tiap sisinya," tukas pria yang berkantor di wilayah Daan Mogot ini.

Ia menambahkan, merawat wiper tak butuh perlakuan khusus. "jangan di lap apalagi pakai cairan yang macam-macam untuk karet wiper. Tugas karet wiper itu ya memang harus tahan panas, dingin, air dan kotoran, karet wiper yang baik pasti mampu bertahan di situasi tersebut. Kalau ingin bersihkan, ya tinggal siram atau semprot air bersih saja, beres," tuturnya.

Terlebih lagi, kata dia, kebiasaan orang Indonesia mengangkat wiper ketika di bawah terik sinar matahari itu salah. "Untuk apa diangkat? malah bikin rusak per, ujung-ujungnya sapuan wiper tidak optimal atau tersendat, bahasanya rattling," ujarnya.

Share :

Jangan Sembarangan Bersihkan Ruang Bakar, Ini yang Baik Bagi Mesin Kendaraan

Banyak yang salah kaprah tentang aplikasi carbon clean ke ruang bakar, dalam jangka panjang, liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin

Read More
Sebelum Digunakan, Simak Kiat Merawat Bodi Mobil Versi Suzuki

Sebelum kendaraan Anda siap untuk digunakan kembali, pastikan tampilan kendaraan juga dalam kondisi terbaik.

Read More
Lama di Garasi, Ini Tips Merawat Bodi Mobil Agar Tidak Tergores Kotoran yang Menempel

Bagi pemilik kendaraan yang bodi-nya sudah di detailing atau sudah pernah di coating, pemilik racikan Callys Super Glossy ini menjelaskan bahwa sebaiknya hindari penggunaan shampoo mobil yang ber-Ph tinggi.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler