Jakarta, MobilKomersial.com - Salah satu tantangan bagi pelaku industri otomotif di tengah masa pandemi virus corona (Covid-19) adalah bagaimana untuk tetap mampu menggugah gairah menghidupkan lini bisnisnya, padahal situasi seakan serba tak pasti.

Hal itulah yang dilakukan oleh perusahaan pembuat bodi bus asal Malang, Karoseri Tentrem. Saat sejumlah operator bus terfokus menyelamatkan perekonomian bisnis transportasinya yang merosot, salah satu karoseri tertua itu diam-diam merilis bodi bus varian baru dari produknya, yakni Avante H7X.

Kabar dirilisnya unit baru Karoseri Tentrem ini diketahui dari akun sosial media @hudan_fachrudi yang memposting Avante H7X dengan mesin Hino RK8 pada Selasa (19/5/2020) kemarin.

Dalam foto yang diposting, tampak sebuah bus berwarna putih bertuliskan Pertamina pada bagian samping bus yang memiliki lekuk bodi seperti halnya Scorpion X, yang juga merupakan produk keluaran mereka. Tapi, ada perbedaan mencolok pada bentuk muka dan belakang jika dibandingkan dengan Scorpion X.

Baca juga : Keluhan Para Pengusaha Bus Dituangkan Lewat Video #don'trushchallenge

Namun ada yang menarik dari penampilan perdana varian anyar Avante H7X dibandingkan dengan varian produk Avante yang lainnya. Model Avante H7X tampil tanpa dipasang sekat kaca atau yang bisa dikenal dengan istilah bando ataupun topi.

Itu merupakan hal baru, karena beberapa tahun belakangan, semua model bus yang ada di Indonesia termasuk varian Avante kerap tampil dengan wajah berbando ataupun bertopi.

Selain perbedaan mencolok pada kaca depan, tampilan sisi lain bus ini kebanyakan tidak menunjukkan perubahan berarti dibanding Avante sebelumnya.

Simak juga : Ternyata Ini Alasan Bus Avante H8 Punya Jidat 'Jenong'

Seperti bentuk wajah dan bodi belakang H7X tidak banyak perbedaan yang berarti, namun sisi sampinf bagian belakang lebih terlihat mirip dengan lekuk bodi Scorpion X.

Walaupun tidak banyak perubahan (minor change) dibandingkan dengan Avante yang sudah terlebih dahulu mengaspal, namun inovasi yang dilakukan Karoseri Tentrem patut diapresiasi yang berani melepaskan bando atau topi pada varian baru H7X ini.

Bagi sebagian pecinta bus, momen lepasnya bando atau topi pada bodi bus single deck merupakan hal yang menggembirakan, karena selama ini bismania banyak komplain sering terhalang saat duduk dan tidak bisa menikmati kenyamanan saat menjadi penumpang bus.

Sebagai informasi tambahan, model Avante H7X milik Pertamina ini kini tengah uji jalan di wilayah Malang, Jawa Timur.

Share :

New Normal Diterapkan, Tarif Tiket Bus Bakal Disesuaikan

Kemenhub berencana menaikkan tarif angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada situasi normal baru dengan menyesuaikan kebijakan PSBB.

Read More
Damri Layani Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia

Damri sebagai Badan Usaha Milik Negara turut mendukung program Pemerintah, dengan membantu melayani kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri yang tiba di tanah air untuk melakukan karantina

Read More
Damri Lakukan Pembatasan Perjalanan Orang, untuk Percepatan Penanganan Covid-19

Damri selaku Badan Usaha Milik Negara bidang transportasi yang berada dibawah Kementerian Perhubungan, juga ikut mendukung program Pemerintah untuk melakukan Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19.

Read More