Jakarta, MobilKomersial.com - PT Mobil Anak Bangsa (MAB) akan segera di produksi massal. Bus listrik buatan dalam negeri ini diklaim mampu memproduksi 100 unit per bulan.

"Kami dalam tahap pengembangan prototipe ketiga. Prosesnya pun telah masuk dalam tahap uji tipe di Kementerian Perhubungan," kata Presiden Direktur PT MAB, Mayjen TNI (Purn) Leonard, di Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Selanjutnya, tambah Leonard, setelah lolos dalam tahap pengujian di Kemenhub, prototipe atau purwarupa bus listrik itu akan diajukan ke Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk mendapatkan lisensi produksi.

Ia menambahkan bahwa bus listrik MAB juga akan diuji coba di jalanan Jakarta sebagai bagian kerja sama dengan PT Transportasi Jakarta (PT Transjakarta).

"Proses administrasinya sudah dimulai secara simultan. Bila sudah ada komitmen dari Transportasi Jakarta (Transjakarta) terkait pengadaan bus listrik kami akan menyiapkan unitnya," ungkap Leonard.

Baca juga : Transjakarta Hadirkan Bus Listrik di Busworld SEA 2019

Menurut Leonard, bahan baku karoseri, badan mobil, hingga desain sasis, sudah dikerjakan dengan bahan baku dalam negeri. Hanya baterai, motor listrik, dan pengendali (controller) yang masih harus dipasok dari negara lain.

"Kami masih bekerja sama dengan mitra kami di luar negeri. Dalam proses itu, kami menghendaki transfer of knowlegde. Kami juga bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) sehingga membuka peluang untuk memproduksi komponen dalam negeri yang jauh lebih layak," sambungnya.

Seperti diketahui, minggu lalu, bus ramah lingkungan ini dipamerkan di pameran Busworld South East Asia 2019 di Jakarta. satu unit yang dipamerkan itu sudah dihiasi livery PT Transjakarta berbalut karosei New Armada.

Baca juga : PonchoEV, Bus Listrik Hino yang Mungil

Share :

Lagi, PO Rosalia Indah Rilis 5 Unit New Jetbus 3+ SDD Bermesin Scania K410IB

Lima unit bus double decker milik PO asal Palur, Solo ini sudah rilis dari KaroserI Adi Putro, asal Malang, Jawa Timur.

Read More
Mengenal Line Up Bus Buatan Karoseri New Armada

PT Mekar Armada Jaya atau lebih dikenal dengan New Armada telah melahirkan banyak model bus di Indonesia

Read More
Tiket Bus Safari Dharma Raya Kini Bisa Dipesan di Traveloka

Traveloka telah resmi menjadi online booking platform pertama di Indonesia yang menjual tiket resmi bus Safari Dharma Raya.

Read More