Jakarta, MobilKomersial.com - Pada situasi darurat pandemi seperti saat ini, masih banyak pengemudi truk dan bus yang tetap harus berjuang berada di jalan untuk mengantar kebutuhan logistik di berbagai wilayah di Indonesia maupun mengantarkan penumpang ke tempat tujuan.

Selain harus memperhatikan kondisi kendaraan, kondisi kesehatan dan kebugaran fisik pengemudi juga sangat penting untuk dijaga, apalagi bagi mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Kondisi tubuh yang tidak prima dapat menyebabkan pengemudi mengalami kelelahan, tertular penyakit, dan microsleep di mana tubuh tertidur secara tiba-tiba dalam waktu singkat selama 1 hingga 2 menit.

Tentu saja hal tersebut berbahaya dan berpotensi tinggi menyebabkan kecelakaan di jalan.

Baca juga : Lagi di Rumah, Luangkan Waktu Bersihkan Jok Mobil Sendiri Yuk

Nah, bagi para pengemudi truk dan bus untuk dapat menjaga kesehatan dan kebugarannya ketika harus melakukan perjalanan jauh saat berpuasa ada beberapa tips dari PT Daimler Commercial Vehicle
Indonesia (DCVI) agar tubuh tetap fit:

1. Tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan

Dikejar waktu terkadang membuat para pengemudi truk dan bus banyak merelakan waktu istirahatnya. Padahal ia harus tetap bugar selama perjalanan agar tidak terlalu sering berhenti untuk beristirahat. Untuk itu, usahakanlah tidur yang cukup selama 7 – 8 jam sebelum melakukan perjalanan agar tubuh menjadi prima ketika berkendara.

2. Kurangi minuman berkafein dan perbanyak minum air mineral pada saat sahur dan berbuka

Mengkonsumsi kafein terlalu berlebih dapat memberikan efek prima sesaat karena dapat membuat jantung bekerja lebih kencang dan peredaran darah semakin lancar. Hanya saja, ketika efek kafein tersebut habis, tubuh akan merasa letih, konsentrasi berkurang, dan dapat menyebabkan dehidrasi.

Share :

Jangan Sembarangan Bersihkan Ruang Bakar, Ini yang Baik Bagi Mesin Kendaraan

Banyak yang salah kaprah tentang aplikasi carbon clean ke ruang bakar, dalam jangka panjang, liquid atau cairan yang bersifat keras atau merusak tersebut dapat mengikis internal mesin

Read More
Sebelum Digunakan, Simak Kiat Merawat Bodi Mobil Versi Suzuki

Sebelum kendaraan Anda siap untuk digunakan kembali, pastikan tampilan kendaraan juga dalam kondisi terbaik.

Read More
Lama di Garasi, Ini Tips Merawat Bodi Mobil Agar Tidak Tergores Kotoran yang Menempel

Bagi pemilik kendaraan yang bodi-nya sudah di detailing atau sudah pernah di coating, pemilik racikan Callys Super Glossy ini menjelaskan bahwa sebaiknya hindari penggunaan shampoo mobil yang ber-Ph tinggi.

Read More
honda

Terkini

Terpopuler