Jakarta, MobilKomersial.com - Para pengusaha bus masih menunggu kepastian pembatasan akses sarana transportasi keluar masuk DKI Jakarta dan sekitarnya.

Pembatasan sarana transportasi tersebut semakin menguat setelah munculnya Surat Edaran Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Nomor 5 Tahun 2020 yang didasari kebijakan Presiden Joko Widodo mengenai Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI), Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pihaknya belum bisa hentikan operasional jika peraturan tersebut masih sekadar rekomendasi. Menurutnya surat edaran itu masih bersifat imbauan dan akan dibahas hari ini (2/4).

"Edaran itu tidak memenuhi kriteria Pasal 4 ayat (1) PP 21 Tahun 2020. Edaran itu hanya untuk mendukung karantina wilayah (lockdown). Pada pasal 4 ayat (1) huruf di tempat atau fasilitas umum itu misalnya menutup tempat hiburan wisata dan sebagainya. Bukan menutup jalan/akses," papar dia kepada MobilKomersial.com, Rabu (1/4).

Baca juga : BPTJ Layangkan Surat Penghentian Operasional Transportasi di Jakarta, Kemenhub: Masih Tunggu Kemenkes

Pria yang akrab disapa Sani ini menyebut, para pegusaha bus hanya bisa pasrah jika rencana penutupan sementara aktivitas bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dari dan ke Jakarta diberlakukan.

"Langkah kami, ikuti arahan pemerintah, kami (pengusaha otobus) tidak bisa berbuat banyak. Tapi, kalau pemerintah siap, kami pasti siap, itu prinsipnya," tegasnya.

Share :

BPTJ Perpanjang Penghentian Operasional Bus AKAP dan AKDP di Jabodetabek

Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memperpanjang penghentian operasional bus Antar Kota.

Read More
Produsen Kendaraan di China Kirim Ratusan Bus dengan Fitur Anti Covid-19 ke Siprus

Sebanyak 200 bus dengan fitur keselamatan yang relevan terhadap pandemi Covid-19.

Read More
Intip Penampakan “Healthcare Bus” Asal Tiongkok, yang Diklaim Bebas Corona

Shanghai Sunwin Bus Corporation meluncurkan Healthcare, sebuah bus pintar yang dilengkapi dengan fasilitas kesehatan mutakhir, yang diklaim bebas virus corona

Read More
honda

Terkini

Terpopuler