Jakarta, MobilKomersial.com - Hampir semua terminal di wilayah Indonesia mengalami penurunan penumpang akibat pandemik corona yang menimpa Tanah Air.

Yang terbaru, Terminal Kalideres, Jakarta Barat mengalami penurunan jumlah penumpang bus luar kota yang berangkat dan tiba di terminal tersebut.

"Di Terminal Kalideres sejak adanya wabah corona, penumpang makin lama makin turun," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen dikutip Tribunjakarta, Kamis (26/3/2020).

Berdasarkan data penumpang di Terminal Kalideres, sejak tanggal 1 hingga Tanggal 16 Maret, tak lebih dari 1.500 penumpang, baik yang berangkat maupun yang tiba.

Angka tersebut makin menyusut mulai pertengahan Maret, tepatnya dari tanggal 17 Maret hingga tanggal 26 Maret kemarin.

Rata-rata penumpang bus luar kota yang berangkat dan tiba di Terminal Kalideres dalam sehari di bawah 700 penumpang.

Revi mengatakan, penurunan penumpang merata untuk sejumlah tujuan, baik ke kota dan kabupaten di Pulau Jawa maupun ke Pulau Sumatera.

"Contoh ini bus Sinar Jaya jurusan Jawa Tengah yang penumpangnya selalu ramai, sekarang ini sepi banget. Jadi memang menurun, yang datang menurun yang berangkat menurun," ungkap Revi.

 

Terminal Kalideres juga ikut anjuran pemerintah dengan rutin menyemprotkan cairan disinfektan ke seluruh area terminal untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

Share :

New Normal Diterapkan, Tarif Tiket Bus Bakal Disesuaikan

Kemenhub berencana menaikkan tarif angkutan Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada situasi normal baru dengan menyesuaikan kebijakan PSBB.

Read More
Damri Layani Pemulangan Tenaga Kerja Indonesia

Damri sebagai Badan Usaha Milik Negara turut mendukung program Pemerintah, dengan membantu melayani kepulangan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari luar negeri yang tiba di tanah air untuk melakukan karantina

Read More
Karoseri Tentrem Rilis Varian Baru Avante H7X yang Tampil Tanpa 'Bando'

Saat sejumlah operator bus terfokus menyelamatkan perekonomian bisnis transportasinya yang merosot, salah satu karoseri tertua itu diam-diam merilis bodi bus varian baru dari produknya, yakni Avante H7X.

Read More